Pengaruh Sikap Peduli Lingkungan Dan Tipe Karakter Siswa Terhadap Hasil Belajar Kimia Pada Materi Pokok Ikatan Kovalen Polar Dan Nonpolar Dengan Menerapkan Pendekatan Pembelajaran Discovery Learning Pada Peserta Didik Kelas X Ipa SMA Muhammadiyah Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

BRIA, Noviana Kolo (2019) Pengaruh Sikap Peduli Lingkungan Dan Tipe Karakter Siswa Terhadap Hasil Belajar Kimia Pada Materi Pokok Ikatan Kovalen Polar Dan Nonpolar Dengan Menerapkan Pendekatan Pembelajaran Discovery Learning Pada Peserta Didik Kelas X Ipa SMA Muhammadiyah Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (409kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (154kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (349kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (264kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (615kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (143kB)

Abstract

Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan discovery learning pada dasarnya mengacu pada pendapat Bruner yang menyatakan bahwa pembelajaran dengan penemuan mendorong peserta didik untuk mengajukan pertanyaan dan menarik simpulan dari prinsip-prinsip umum berdasarkan pengalaman dan kegiatan praktis pendekatan Discovery Learning lebih menekankan pada pengalaman-pengalaman aktif dan pembelajaran berpusat pada siswa. Melalui kegiatan pembelajaran itu, siswa menemukan ide-ide mereka sendiri dan memperoleh makna oleh mereka sendiri melalui tahapan-tahapan stimulation, problem statement, data collection, data processing, Verification, dan generalization. Masalah pokok dalam penelitian ini (1) Bagaimana efektifitas pembelajaran yang menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok ikatan kovalen polar dan nonpolar pada siswa kelas X IPASMA Muhammadiyah Kupang tahun ajaran 2018/2019? (2) Bagaimana pedli lingkungan siswa kelas X IPA SMA Muhammadiyah Kupang tahun ajaran 2018/2019? (3) Bagaimana tipe-tipe karakter siswa kelas X IPA SMA Muhammadiyah Kupang tahun ajaran 2018/2019? (4) Adakah hubungan peduli lingkungan dan tipe-tipe karakter siswa dengan hasil belajar yang menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok ikatan kovalen polar dan nonpolar pada siswa kelas X IPASMA Muhammadiyah Kupang tahun ajaran 2018/2019? (5) Adakah pengaruh peduli lingkungan dan tipe-tipe karakter siswa terhadap hasil belajar yang menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok ikatan kovalen polar dan nonpolar siswa kelas X IPA SMAN Muhammadiyah Kupang tahun ajaran 2018/2019? Tujuan utama penelitian ini (1) Bagaimana efektifitas pembelajaran yang menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok ikatan kovalen polar dan nonpolar pada siswa kelas X IPASMA Muhammadiyah Kupang tahun ajaran 201782019? (2) Bagaimana pedli lingkungan siswa kelas X IPA SMA Muhammadiyah Kupang tahun ajaran 2018/2019? (3) Bagaimana tipe-tipe karakter siswa kelas X IPASMA Muhammadiyah Kupang tahun ajaran 2018/2019? (4) Adakah hubungan peduli lingkungan dan tipe-tipe karakter siswa dengan hasil belajar yang menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok ikatan kovalen polar dan nonpolar pada siswa kelas X IPA SMA Muhammadiyah Kupang tahun ajaran 2018/2019? (5) Adakah pengaruh peduli lingkungan dan tipe-tipe karakter siswa terhadap hasil belajar yang menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok ikatan kovalen polar dan nonpolar siswa kelas X IPA SMA Muhammadiyah Kupang tahun ajaran 2018/2019? Dari analisis data diperoleh : (1) Penerapan pendekatan discovery learning efektif pada materi pokok ikatan kovalen polar dan nonpolar pada siswa kelas X IPA SMA Muhammadiyah Kupang tahun ajaran 2018/2019 (2) peduli lingkungan siswa kelas X IPA SMA Muhammadiyah Kupang termasuk dalam kategori baik dengan persentase sebesar 75% (3) Tipe-tipe karakter siswa kelas X IPASMA Muhammadiyah Kupang tahun ajaran 2018/2019 termasuk dalam kategori baik dengan persentase sebesar 75% (4) Ada hubungan antara peduli lingkungan tipe-tipe karakter siswa dengan hasil belajar yang menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok ikatan kovalen polar dan nonpolar pada siswa kelas X IPA SMA Muhammadiyah Kupang tahun pelajaran 2018/2019 dengan koefisien korelasi= 0,99 (5) Ada pengaruh antara peduli lingkungan dan tipe-tipe karakter siswa terhadap hasil belajar yang menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok ikatan kovalen polar dan nonpolar siswa kelas X IPA SMA Muhammadiyah Kupang tahun ajaran 2018/2019 dengan persamaan regresi ganda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: andre berek
Date Deposited: 18 Oct 2019 02:09
Last Modified: 18 Oct 2019 02:09
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/417

Actions (login required)

View Item View Item