Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Diskusi Kelas Strategi Think Pair Share (TPS) Dan Buzz Group Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Materi Pokok Sistem Pencernaan Pada Manusia Di SMP Angkasa Penfui Kupang Tahun Ajaran 2017/2018

Dawan, Maria Kian (2017) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Diskusi Kelas Strategi Think Pair Share (TPS) Dan Buzz Group Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Materi Pokok Sistem Pencernaan Pada Manusia Di SMP Angkasa Penfui Kupang Tahun Ajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (744kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (283kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (376kB)
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (417kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (275kB)

Abstract

Pada Era globaliasi yang maju ini, kegiatan pembelajaran yang inovatif telah diterapkan oleh guru dalam kelas. Pada kenyataan hasil belajar siswa masih saja rendah. Hasil belajar siswa yang rendah ini disebabkan oleh factor dalam diri siswa itu sendiri dan sarana dan prasarana di sekolah. Salah satu alternatif untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan cara menerapkan model pembelajaran yang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran diskusi kelas strategi Think Pair Share (TPS) dan Buzz Group terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Angkasa Penfui Kupang Tahun Ajaran 2017/2018. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA yang diterapkan model pembelajaran diskusi kelas strategi TPS dan siswa kelas VIIIB yang diterapkan model pembelajaran diskusi kelas strategi Buzz Group. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode Quasi Experiment. Desain yang digunakan adalah non equivalent pretest- posttest Control Grup Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes hasil belajar. Analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan inferensial dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan hasil belajar siswa pada kelas yang diterapkan model pembelajaran dikusi kelas strategi Buzz Group lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan siswa yang diterapkan model pembelajaran diskusi kelas strategi Think Pair Share (TPS). Hal ini dapat dilihat dari perbedaan rata-rata hasil belajar siswa pada kelas yang diterapkan strategi Buzz Group yaitu 86.67, sedangkan kelas yang diterapkan strategi TPS yaitu 86.04. Secara umum, kedua model pembelajaran ini efektif terhadap hasil belajar siswa yang ditandai dengan hasil analisis uji t yang menunjukkan bahwa pada strategi Think Pair Share (TPS) diperoleh hasil uji thitung > ttabel yaitu 18.804 > 2.011 dan pada strategi Buzz Group thitung > ttabel yaitu 22.700 > 2.011 dengan taraf sig. 0.000 < 0.05. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran diskusi kelas strategi Think Pair Share (TPS) dan strategi Buzz Group terhadap hasil belajar siswa SMP Angkasa Penfui Kupang Tahun Ajaran 2017/2018. Hal tersebut terlihat dari nilai probabilitas (sign) 0.000 lebih kecil dari taraf signifikan yang ditentukan yaitu 0.05

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Model pembelajaran diskusi kelas, Strategi TPS, Strategi Buzz Group, Hasil Belajar.
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Ptk Dami Damianus
Date Deposited: 23 Sep 2021 00:43
Last Modified: 23 Sep 2021 00:43
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4220

Actions (login required)

View Item View Item