Penerapan Pendekatan Kontekstual Materi Pokok Hukum Newton Pada Peserta Didik Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 3 Kupang Barattahun Pelajaran 2016/2017

Bien, Rahap (2017) Penerapan Pendekatan Kontekstual Materi Pokok Hukum Newton Pada Peserta Didik Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 3 Kupang Barattahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (626kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (260kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (558kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (434kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (769kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (170kB)

Abstract

Pendekatan kontekstual merupakan sebuah strategi pembelajaran yang menekankan pada aktivitas belajar peserta didik secara penuh, baik secara fisik maupun mental. Kontekstual memandang bahwa belajar bukan proses menghafal, tetapi melalui pengalaman pembelajaran yang dilalui peserta didik, mereka dapat memahami hakikat dan makna materi pembelajaran yang dialaminya secara langsung. Kelas dalam pembelajaran dengan menerapkan kontekstual bukan sebagai tempat memperoleh informasi, akan tetapi merupakan tempat untuk melakukan proses menguji suatu data dan memperoleh informasi dari materi pembelajaran yang dialami peserta didik.Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil penerapan pendekatan kontekstual materi pokok usaha dan energi pada peserta didik kelas VIII semester ganjil SMP NegerI 3KupangBarattahun ajaran 2016/2017? Secara terperinci permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran dengan menerapkanpendekatan kontekstual materi pokok hukum newton pada peserta didik kelas VIII semester ganjil SMP Negeri 3KupangBarattahun ajaran 2016/2017? (2) Bagaimanakah ketuntasan Indikator Hasil Belajar dengan menerapkan pendekatan kontekstual materi pokok hukum newtonpada peserta didik kelas VIII semester ganjil SMP Negeri 3KupangBarattahun ajaran 2016/2017? (3) Bagaimana ketuntasan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran dengan menerapkan pendekatan kontekstual materi pokok hukum newtonpada peserta didik kelas VIII semester ganjil SMP Negeri 3Kupang Barat tahun ajaran 2016/2017? (4) Bagaimana respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan kontekstual materi pokok hukum newtonpada peserta didik kelas VIIIsemesterganjil SMP Negeri 3 Kupang Barattahun ajaran 2016/2017?Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikanhasil penerapan pendekatan kontekstual materi pokok hukum newton pada peserta didik kelas VIIIsemester ganjil SMP Negeri 3KupangBarattahun ajaran 2016/2017. Secara terperinci tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran dengan menerapkan pendekatankontekstual materi pokok hukum newtonpada peserta didik kelas VIIIsemester ganjil SMP Negeri 3KupangBarattahun ajaran 2016/2017; (2) Mendeskripsikan ketuntasan indikator hasil belajar dengan menerapkan pendekatan kontekstual materi pokok hukum newton pada peserta didik kelas VIIIsemester ganjil SMP Negeri 3Kupang Barat tahun ajaran 2016/2017; (3) Mendeskripsikan hasil belajar peserta didikdengan menerapkan pendekatankontekstual materi pokok hukum newton pada peserta didik kelas VIIIsemester ganjil SMP Negeri 3KupangBarattahun ajaran 2016/2017; (4) Mendeskripsikan respon peserta didikterhadap kegiatan pembelajaran dengan menerapkan pendekatankontekstual materi pokok hukum pada peserta didik kelas VIIIsemester ganjil SMP Negeri Kupang Barat tahun ajaran 2016/2017.Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif dan subjek penelitian ini adalah guru (peneliti) dan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3KupangBarattahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 27orang. Perangkat pembelajaran yang digunakan adalah bahan ajar peserta didik, silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kerja peserta didik, kisi-kisi dan tes hasil belajar. Teknik pengumpulan data penelitian adalah observasi, tes dan angket. Sedangkan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan kontekstual materi pokok hukum newton, tes hasil belajar (produk dan penilaian afektif dan psikomotor) dan lembar isian respon peserta didik. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dengan menghitung nilai rata-rata, persentase, dan proporsi.Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif data penelitian diperoleh bahwa secara umum penerapan pendekatan kontekstual adalah baik untuk materi pokok usaha dan energipada peserta didik kelas VIIISMP Negeri 3Kupang Barat yang berjumlah 27orang. Secara terperinci diperoleh kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran fisika materi pokok hukum newtonyang mencakup perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran adalah baik. Indikator hasil belajar yang disiapkan sebanyak sebelas indikator produk semuanya tuntas. Hasil belajar peserta didik secara kelas dikatakan tuntas pada aspek produk, penilaian afektif dan psikomotor serta respon peserta didik sehingga penerapan pendekatan kontekstual padamateri pokok usaha dan energi adalah baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: SH Yakobus Naben
Date Deposited: 23 Sep 2021 03:11
Last Modified: 23 Sep 2021 03:11
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4221

Actions (login required)

View Item View Item