Pengaruh Model “Reciprocal Teaching”Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 12 Kupang

KLAU, Emilia Patrisia (2018) Pengaruh Model “Reciprocal Teaching”Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 12 Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
FILE ABSTRAK.pdf

Download (761kB)
[img] Text
FILE BAB I.pdf

Download (176kB)
[img] Text
FILE BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] Text
FILE BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB)
[img] Text
FILE BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (432kB)
[img] Text
FILE BAB V.pdf

Download (105kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada atau tidak pengaruh model Reciprocal Teaching terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIE SMP Negeri 12 Kupang yang berjumlah 24 orang. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data nilai pretest dan posttest dari kelas eksperimen dengan model Reciprocal Teaching. Data yang diperoleh akan dianalisis menggunakan program SPSS versi 22. Sebelum pengujian hipotesis, dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas untuk data pretest dan data posttest. Dari hasil analisis untuk data pretest diperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) = 0,110 > 0.05 dan Dhitung = 0,161 < 0,269 = Dtabelmaka H0diterima, dan disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Sedangkan data posttest diperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) = 0,200 > 0.05 dan Dhitung= 0,145 < 0,269 = Dtabelmaka H0diterima, dan disimpulkan bahwa data berdistribusi normal.Pengujian hipotesis menggunakan paired sample test, setelah data dianalisis diperoleh nilai Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05 dan thitung= 29,216 > 2,069 = ttabelmaka tolak H0, sehingga disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model Reciprocal Teaching terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model Reciprocal Teaching berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika. Saran penulis bagi para guru agar menggunakan model Reciprocal Teaching pada pembelajaran di kelas sesuai dengan materi yang diajarkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: SH Yakobus Naben
Date Deposited: 23 Sep 2021 03:35
Last Modified: 23 Sep 2021 03:35
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4232

Actions (login required)

View Item View Item