Pembelajaran Teknik Dasar Bermain Recorder Soprano Melalui Metode Imitasi Dan Drill Pada Siswa-Siswi Minat Musik Kelas VII SMPK St. Yusup Larantuka

PEO, ArnoldinaEsterlia (2020) Pembelajaran Teknik Dasar Bermain Recorder Soprano Melalui Metode Imitasi Dan Drill Pada Siswa-Siswi Minat Musik Kelas VII SMPK St. Yusup Larantuka. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
file Abstrak.pdf

Download (764kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (277kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (883kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (399kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (968kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (201kB)

Abstract

Recorder merupakan alat musik yang sumber bunyinya berasal dari tekanan udara (Aerophone) dan dimainkan dengan cara ditiup. siswa-siswi SMPK ST. YUSUP Larantuka belum mengetahui teknik dasar dalam permainan alat musik rekorder. Model pembelajaran untuk memperoleh keterampilan siswa memainkan alat musik recorder dapat dilakukan melalui imitasi dan latihan secara terus menerus (drill). Berdasarkan uraian di atas maka dirumuskan masalah dalam penelitian ini yakni bagaimana pembelajaran teknik dasar bermain alat musik recorder melalui metode imitasi dan drill pada siswa-siswi minat bakat musik kelas VII SMPK. ST. YUSUP Larantuka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan medeskripsikan pembelajaran teknik dasar bermain alar musik recorder melalui metode imitasi dan drill pada siswa-siswi minat bakat musik SMPK ST. YUSUP Larantuka. Metode pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode imitasi dan drill. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Metode penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini adalah tindakan lapangan dengan teknik pengumpulan data, berupa observasi, wawancara dan dokumentasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran teknik dasar bermain alat musik recorder dilaksanakan dalam 6 kali pertemuan. Pertemuan pertama menjelaskna segi organologi dari rekorder, pertemuan kedua melatih tangga nada dan etude dengan memperhatikan teknik meniup dan penjarian dalam menutup lubang nada, pertemuan ketiga memainkan etude dengan nada melompat, pertemuan keempat memainkan lagu semua tentang kita bagian pertama, pertemuan kelima mainkan lagu semua tentang kita bagian kedua, pertemuan keenam merupakan pementasan hasil akhir dari proses penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam memperkenalkan teknik dasar pada siswa-siswi SMPK ST. YUSUP Larantuka. Dalam prosesnya ada kesulitan atau kendala yang dialami terutama penjarian, namun kendala tersebut dapat diatasi dengan menggunakan metode imitasi yakni peneliti memberi contoh dan siswa mengikuti dan metode drill yaitu peneliti memberi latihan secara berulang-ulang. Dengan demikian siswa dapat memainkan recorder dengan teknik dasar yang cukup baik dan benar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Recorder,bunyi, teknik dasar,metode meniru, drill,siswa-siswi SMPK ST.YUSUP Larantuka
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Ptk Dami Damianus
Date Deposited: 30 Sep 2021 04:08
Last Modified: 04 Nov 2022 02:53
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4260

Actions (login required)

View Item View Item