Profil Interaksi Sosial Mahasiswa Dan Implikasinya Bagi Pengembangan Program Layanan Bimbingan Konseling Pada Mahasiswa-Mahasiswi Semester IV Prodi BK Unwira Kupang Tahun Akademik 2019/2020

FUNAN, Maria Fatima (2020) Profil Interaksi Sosial Mahasiswa Dan Implikasinya Bagi Pengembangan Program Layanan Bimbingan Konseling Pada Mahasiswa-Mahasiswi Semester IV Prodi BK Unwira Kupang Tahun Akademik 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (974kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (410kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (925kB)
[img] Text
bab 5.pdf

Download (577kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana profil interaksi sosial mahasiswa dan implikasinya bagi pengembangan program layanan bimbingan konseling pada semester IV Prodi BK Unwira Kupang tahun akademik 2019/2020? Tujuan penelitian untuk memperoleh gambaran tentang profil interaksi sosial mahasiswa dan implikasinya bagi pengembangan program layanan bimbingan konseling pada mahasiswa semester IV Prodi BK Unwira Kupang tahun akademik 2019/2020. Populasi dan sampel adalah mahasiswa semester IV Prodi BK Unwira Kupang tahun akademik 2019/2020 dengan jumlah responden 30 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan alat pengumpul data yang digunakan berupa angket interaksi sosial. Untuk mengetahui profil interaksi sosial mahasiswa dengan menggunakan analisis kecenderungan pusat. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel tunggal yakni interaksi sosial. Hasil analisis data menunjukkan bahwa profil interaksi sosial mahasiswa semester IV Prodi BK Unwira Kupang tahun akademik 2019/2020 menunjukkan skor rata-rata populasi adalah 112,5 dan berada pada rentangan skor 94-122, sehingga interaksi sosial mahasiswa berada pada kategori sedang. Hasil analisis setiap aspek menunjukkan bahwa pada aspek kontak sosial dengan skor 38,3 di rentangan skor 32-41 berada pada kategori sedang, aspek komunikasi dengan skor 39,3 di rentangan skor 32-41 berada pada kategori sedang, aspek dukungan sosial dengan skor 39,8 di rentangan skor 32-41 berada pada kategori sedang. Berdasarkan hasil yang diperoleh peneliti memberikan beberapa saran kepada: a) Dosen Pembimbing Akademik diharapkan dapat memanfaatkan penelitian ini untuk mendampingi mahasiswa yang belum mampu berinteraksi atau bersosialisasi dengan baik di kampus. b) Dosen BK diharapkan memanfaatkan penelitian ini untuk menjalin kerja sama yang baik untuk membantu mahasiswa meningkatkan interaksi sosial di kampus melalui program bimbingan dan konseling. c) Program Studi BK diharapkan dapat memanfaatkan penelitian ini untuk mengembangkan kegiatan-kegiatan bagi pendampingan mahasiswa di kampus. d) Mahasiswa diharapkan lebih bersikap peduli terhadap sesama teman dan terus mengembangkan sikap saling memiliki terutama untuk meningkatkan relasi sosial dengan orang lain dalam pergaulan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: S.Ptk Dami Damianus
Date Deposited: 30 Sep 2021 05:29
Last Modified: 30 Sep 2021 05:29
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4271

Actions (login required)

View Item View Item