Profil Perilaku Diskrepansi Peserta Didik dan Implikasinya Bagi Pengembangan Program Bimbingan Pribadi Pada Peserta Didik Kelas VIII A SMP Katolik Adisucipto Penfui Kupang Tahun Pelajaran 2019/2020

NUWA, Veronika Yohana (2020) Profil Perilaku Diskrepansi Peserta Didik dan Implikasinya Bagi Pengembangan Program Bimbingan Pribadi Pada Peserta Didik Kelas VIII A SMP Katolik Adisucipto Penfui Kupang Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (295kB)
[img] Text
bab I.pdf

Download (174kB)
[img] Text
bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] Text
bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (390kB)
[img] Text
bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (372kB)
[img] Text
bab V.pdf

Download (229kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah : 1. Bagaimana profil perilaku diskrepansi peserta didik kelas VIIIA dan, 2.Apa implikasi dari aspek-aspek perilaku diskrepansi bagi pengembangan program Bimbingan Pribadidi SMP Katolik Adi Sucipto Penfui Kupang, tahun pelajaran 2019/2020? Penelitian ini bertujuan untuk: 1.Mengetahui profil perilaku diskrepansi peserta didik kelas VIII Adan, 2.Mengetahui implikasi dari aspek-aspek perilaku diskrepansi bagi pengembangan program bimbingan pribadi di SMP Katolik Adi Sucipto Penfui Kupang, tahun pelajaran 2019/2020.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitianini disebut penelitian populasi, karena semua peserta didik kelas VIII ASMP Katolik Adisucipto Penfui Kupang yang berjumlah 30 orang dijadikan sampel. Alat pengumpul data adalah angket perilaku diskrepansi. Teknik analisis datayang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kecenderungan pusat/ tendency central. Hasil analisis data penelitian menunjukkan perilaku diskrepansi peserta didikberada pada skor rata-rata sebesar 112,97 dengan rentangan skor 96-125 termasuk dalam kategori sedang. Hasil penelitian setiap aspek perilaku diskrepansi peserta didik sebagai berikut: aspek pesan verbal dan non-verbal=41,9 (42)–kategori sedang,aspek nilai-nilai (ucapan) dan perilaku=35,1(35)–kategori sedang,dan aspek rencana dan realisasi=36,5(36)–kategori sedang. Berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan maka tingkat perilaku diskrepansi pada peserta didik kelas VIII A SMP Katolik Adisucipto Penfui Kupang tahun pelajaran 2019/2020 tergolong cukup baik. Bertolak dari hasil analisis data penelitian, maka peneliti memberikan saran bagi: 1. Kepala Sekolahselaku penanggung jawab diharapkan dapat mengkoordinir dan mendukung seluruh program BK yang ada di sekolah sehingga terlaksana dengan baik guna membantu mengatasi masalah peserta didik khususnya masalah perilaku diskrepansi, 2.Guru BK/ konselor diharapkan untuk merancang dan mengembangkan program bimbingan pribadi untuk membantu mengatasi masalah yang dihadapi oleh peserta didik khususnya masalah perilaku diskrepansi,3.Guru Mata Pelajaran diharapkan dapat bekerjasama dan selalu memberikan informasi kepada guru BK di sekolah tentang peserta didik yang menunjukkan perilaku diskrepansisehingga ditindaklanjuti dalam layanan bimbingan pribadi untuk mengatasi masalah perilaku diskrepansi tersebut,4.Peserta didik diharapkandapat memanfaatkan program bimbingan pribadi yang ada di sekolah untuk mengurangi/ menurunkan perilaku diskrepansi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: S.Ptk Dami Damianus
Date Deposited: 30 Sep 2021 05:42
Last Modified: 30 Sep 2021 05:42
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4273

Actions (login required)

View Item View Item