Penerapan Teknik Self Control Melalui Konseling Kelompok Untuk Mengurangi Perilaku Agresif Verbal Siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 10 Kupang Tahun Pelajaran 2019/2020

TITIN, Ananiati Selni (2020) Penerapan Teknik Self Control Melalui Konseling Kelompok Untuk Mengurangi Perilaku Agresif Verbal Siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 10 Kupang Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (721kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (333kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (563kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (325kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah teknik Self Control melalui konseling kelompok efektif untuk mengurangi perilaku agresif pada siswa kelas VIIIA SMP Negeri 10 Kupang tahun pelajaran 2019/2020?. Tujuan penelitian adalah : untuk mengetahui efektifitas penerapan teknik Self Control dalam konseling kelompok untuk mengurangi perilaku agresif verbal pada siswa kelas VIIIA SMP Negeri 10 Kupang tahun pelajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan tipe pra-eksperimen. Teknik analisis data berdasarkan analisis pra-eksperimen subjek tunggal atau Single Subject Design (SSD) model A-B-A, diterapkan untuk menguji efektivitas suatu perlakuan atau intervensi secara individual yaitu dengan membandingkan peroleh skor setiap subjek penelitian pada tahap sebelum perlakuan yaitu fase baseline 1(A1)dan baseline 2 (A2)setelah perlakuan (treatment) dan menggambarkannya dalam bentuk grafik. Komponen yang dianalisis meliputi kecendrungan/tren stabilitas perubahan level yang terjadi padafase baseline 1(A1)dan fase baseline 2 (A2). Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan teknik self control melalui layanan konseling kelompok dapat mengurangi perilaku agresif verbal siswa kelas VIIIA SMP Negeri 10 Kupang, tahun pelajaran 2019/2020, yang dibuktikan dengan trend stabilitas yang cenderung meningkat pada fase baseline 1 (A1),dan cenderung rendah pada fase baseline 2(A2). Berdasarkan hasil penelitian ini, maka peneliti memberikan saran kepada: 1).Kepala Sekolah selaku penanggung jawab sekolah, diharapkan agar meningkatkan kerja sama dengan guru BK di sekolah untuk mendampingi siswa dalam mengurangi perilaku agresif verbal siswa di sekolah. 2). Guru BK, diharapkan agar secara berkesinambungan memberikan konseling kelompok kepada siswa yang mengalami perilaku agresif verbal.3). Guru Mata Pelajaran, hendaknya guru mata pelajaran lebih menjalin kerja sama dengan guru bimbingandan konseling dalam melaksanakan layanan konseling kelompok dengan menggunakan Teknik Self Controluntuk mengurangi perilaku Agresif Verbal. 4).Siswa, diharapkan agar lebih aktif mengikuti kegiatan layanan konseling kelompok yang disediakan di sekolah untuk mengurangi perilaku agresif verbal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: S.Ptk Dami Damianus
Date Deposited: 01 Oct 2021 02:15
Last Modified: 01 Oct 2021 02:15
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4275

Actions (login required)

View Item View Item