Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Students Team Achievement Division Materi Pokok Kalor Dan Perpindahannya Pada Peserta Didik Kelas VII SMP Kihajar Dewantoro Kupang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2017/2018

PADALANG, Yohanis (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Students Team Achievement Division Materi Pokok Kalor Dan Perpindahannya Pada Peserta Didik Kelas VII SMP Kihajar Dewantoro Kupang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (361kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (240kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (860kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (567kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (971kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (178kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untukmendeskripsikan hasil penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division materi pokok Kalor dan Perpindahannyapada peserta didik kelas VII SMP Kihajar DewantoroKupang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2017/2018. Secara terperinci, tujuan dari skripsiini adalah: 1) Mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division materi pokok Kalor dan Perpindahannya pada peserta didik kelas VII SMP Kihajar DewantoroKupang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2017/2018. 2) Mendeskripsikan ketuntasan indikator hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement divisionmateri pokok Kalor dan Perpindahannyapada peserta didik kelas VII SMP Kihajar Dewantoro Kupang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2017/2018. 3) Mendeskripsikan ketuntasan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement divisionmateri pokok Kalor dan Perpindahannyapada peserta didik kelas VII SMP Kihajar Dewantoro Kupang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2017/2018.4) Mendeskripsikan respon peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement divisionpada materi pokok Kalor dan Perpindahannyapeserta didik kelas VII SMP Kihajar DewantoroKupang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2017/2018. 5) Mendeskripsikan keterampilan-keterampilan kooperatif peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement divisionmateri pokok Kalor dan Perpindahannya pada peserta didik kelas VII SMP Kihajar Kupang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2017/2018.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru (peneliti)dan peserta didik kelas VII semester ganjil SMP Kihajar Dewantoro Kupangtahun Ajaran 2017/2018. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Perangkat pembelajaran yang digunakan adalah silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kerja peserta didik, lembar diskusi peserta didik, bahan ajar peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan angket. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division, kisi-kisi tes hasil belajar kognitif,kisi-kisi tes hasil belajar afektif, kisi-kisi tes hasil belajar psikomotor, lembar isian respon peserta didik, dan lembar pengamatan keterampilan kooperatif peserta didik. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan menghitung skor rata-rata, persentase, dan proporsi.Berdasarkan hasil analisis deskriptif data penelitian menunjukan bahwa secara umum penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement divisionmateri pokok Kalor dan Perpindahannyapada peserta didik kelas VII SMP Kihajar DewantoroKupang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2017/2018adalah optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Pembelajaran Kooperatif, StudentTeam Achievement Division
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: SH Yakobus Naben
Date Deposited: 01 Oct 2021 02:30
Last Modified: 01 Oct 2021 02:30
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4278

Actions (login required)

View Item View Item