Pengaruh Sikap Toleransi dan Kemampuan Komunikasi Terhadap Hasil Belajar Kimia Dengan Menerapkan Pendekatan Discovery Learning Pada Materi Pokok Hidrolisis Garam Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 5 Kupang Tahun Pelajaran 2017/2018

OTEPAH, Arni Lodia (2018) Pengaruh Sikap Toleransi dan Kemampuan Komunikasi Terhadap Hasil Belajar Kimia Dengan Menerapkan Pendekatan Discovery Learning Pada Materi Pokok Hidrolisis Garam Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 5 Kupang Tahun Pelajaran 2017/2018. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (283kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (138kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (290kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (363kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (439kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (179kB)

Abstract

Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan discovery learning pada dasarnya mengacu pada pendapat Bruner yang menyatakan bahwa pembelajaran dengan penemuan mendorong peserta didik untuk mengajukan pertanyaan dan menarik simpulan dari prinsip-prinsip umum berdasarkan pengalaman dan kegiatan praktispendekatan Discovery Learning lebih menekankan pada pengalaman-pengalaman aktif dan pembelajaran berpusat pada siswa. Melalui kegiatan pembelajaran itu, siswa menemukan ide-ide mereka sendiri dan memperoleh makna oleh mereka sendiri melalui tahapan-tahapan stimulation, problem statement, data collection, data processing, Verification,dan generalization. Masalah pokok dalam penelitian ini (1) Bagaimana efektifitas pembelajaran yang menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok hidrolisis garam pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 5 Kupang tahun ajaran 2017/2018? (2) Bagaimana sikap toleransi siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 5 Kupang tahun ajaran 2017/2018? (3) Bagaimana kemampuan komunikasi siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 5 Kupang tahun ajaran 2017/2018? (4) Adakah hubungan sikap toleransi dan kemampuan komunikasi dengan hasil belajar yang menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok hidrolisis garam pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 5 Kupang tahun ajaran 2017/2018? (5) Adakah pengaruh sikap toleransi dan kemampuan komunikasi terhadap hasil belajar yang menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok hidrolisis garam siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 5 Kupang tahun ajaran 2017/2018?. Tujuan utama penelitian ini (1) Bagaimana efektifitas pembelajaran yang menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok hidrolisis garam pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 5 Kupang tahun ajaran 2017/2018? (2) Bagaimana sikap toleransi siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 5 Kupang tahun ajaran 2017/2018? (3) Bagaimana kemampuan komununikasi siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 5 Kupang tahun ajaran 2017/2018? (4) Adakah hubungan sikap toleransi dan kemampuan komunikasi dengan hasil belajar yang menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok hidrolisis garam pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 5 Kupang tahun ajaran 2017/2018? (5) Adakah pengaruh sikap toleransi dan kemampuan komunikasi terhadap hasil belajar yang menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok hidrolisis garam siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 5 Kupang tahun ajaran 2017/2018?. Dari analisis data diperoleh : (1) Penerapan pendekatan discovery learning efektif pada materi pokok hidrolisis garam pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 5 Kupang tahun ajaran 2017/2018 (2) sikap toleransi siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 5 Kupang termasuk dalam kategori baik dengan persentase sebesar 83% (3) kemampuan komunikasi siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 5 Kupang tahun ajaran 2017/2018 termasuk dalam kategori baik dengan persentase sebesar 83 % (4) Ada hubungan antara sikap toleransi dan kemampuan komunikasi siswa dengan hasil belajar yang menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok hidrolisis garam pada siswa kelasXI IPA 1 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 dengan koefisien korelasi������ = 0,78 (5) Ada pengaruh antarsikap toleransi dan kemampuan komunikasi terhadap hasil belajar yang menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok hidrolisis garam siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 5 Kupang tahun ajaran 2017/2018 dengan persamaan regresi gandaŶ=19,207 + 0,387 + 0,411��.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Ptk Dami Damianus
Date Deposited: 18 Oct 2019 02:44
Last Modified: 18 Oct 2019 02:44
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/428

Actions (login required)

View Item View Item