Penerapan Teknik Restrukturisasi Kognitif Dalam Konseling Kelompok Untuk Mengurangi Perilaku Agresif Verbal (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas IXA SMP Negeri 4 Kupang Tahun Pelajaran 2019/2020)

SAKA, Rosina (2020) Penerapan Teknik Restrukturisasi Kognitif Dalam Konseling Kelompok Untuk Mengurangi Perilaku Agresif Verbal (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas IXA SMP Negeri 4 Kupang Tahun Pelajaran 2019/2020). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (146kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (314kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (414kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (511kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (576kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (309kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalahapakah teknik restrukturisasi kognitifdalam konseling kelompok efektif mengurangi perilaku agresif verbal pada siswa kelas XIASMPNegeri 4Kupang tahun pelajaran 2019/2020? Tujuan penelitian adalahuntuk mengetahuipenerapan teknik restrukturisasi kognitifdalamkonseling kelompok untuk mengurangi perilaku agresif verbal siswa kelas XIA SMPNegeri 4Kupang tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalahdeskriptif kuantitatif dengan tipe pra-eksperimen. Teknik analisis data berdasarkan analisis pra-eksperimen subjek tunggal atau Single Subject Design(SSD) model A-B-A. Teknik ini digunakan untuk membandingkan perolehan skor setiap subjek penelitian pada tahap sebelum perlakuan yaitu fase baseline 1(A1)danbaseline 2 (A2)setelah perlakuan (treatmen) lalumenggambarkannya dalam bentuk grafik. Komponen yang dianalisis meliputi kecendrungan/tren stabilitas perubahan level yang terjadi padafase baseline1 (A1)dan fase baseline 2(A2).Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan teknikrestrukturisasi kognitif dalamlayanan konselingkelompok dapat mengurangi perilaku agresif verbalsiswa kelasIXA SMP Negeri 4 Kupang tahun pelajaran 2019/2020, yang dibuktikan dengan trend stabilitasyang cenderung meningkatpada fasebaseline1 (A1),dan cenderung menurun pada fase baseline2(A2).Berdasarkan hasil penelitian ini, maka peneliti memberikan saran kepada: 1)Kepala sekolah selaku penanggung jawab sekolah, diharapkan agar meningkatkan kerja sama dengan guru BK di sekolah untuk mendampingi siswa dalam mengurangi perilaku agresif verbal siswa di sekolah. 2). Gurubimbingan dan konseling,diharapkan agar secara berkesinambungan memberikan konseling kelompok kepada siswa yang mengalami perilaku agresif verbal.3).Siswa, diharapkan agar lebih aktif mengikuti kegiatan layanan konseling kelompok yang disediakan di sekolah untuk mengurangi perilaku agresif verbal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: S.Ptk Dami Damianus
Date Deposited: 01 Oct 2021 02:59
Last Modified: 01 Oct 2021 02:59
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4281

Actions (login required)

View Item View Item