Efektifitas Penerapan Teknik Relaksasi Melalui Bimbingan Kelompok Untuk Mereduksi Kejenuhan Belajar Siswa Kelas VIIID SMPN 10 Kupang Tahun Pelajaran 2019/2020

KORONKA, Christmaris Resha (2020) Efektifitas Penerapan Teknik Relaksasi Melalui Bimbingan Kelompok Untuk Mereduksi Kejenuhan Belajar Siswa Kelas VIIID SMPN 10 Kupang Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (159kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (118kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (118kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (103kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan teknik relaksasi melalui bimbingan kelompok efektif mereduksi kejenuhan belajar siswa kelas VIIID SMPN 10 Kupang tahun pelajaran 2019/2020. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penerapan teknik relaksasi melalui bimbingan kelompok dalam mereduksi kejenuhan belajar siswa kelas VIIID SMPN 10 Kupang tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan tipe penelitian pra eksperimen one group pretest-posttest. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan observasi. Ada dua instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen pengumpul data berupa angket kejenuhan belajar dan instrumen perlakuan berupa pedoman penerapan teknik relaksasi melalui bimbingan kelompok. Teknik analisis data menggunakan rumus uji t. Hasil analisis data menunjukkan nilai thitung sebesar 11,913 sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikansi 1% dengan db = N-2 sebesar 3,707. Dengan demikian, nilai thitung > nilai ttabel hal ini berarti teknik relaksasi melalui bimbingan kelompok efektif mereduksi kejenuhan belajar siswa kelas VIIID SMPN 10 Kupang tahun pelajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka peneliti memberikan saran kepada : 1) Kepala Sekolah diharapkan agar lebih mengkoordinir guru BK dalam membimbing siswa yang mengalami masalah kejenuhan belajar. 2) Guru Bimbingan dan Konseling diharapkan agar secara berkesinambungan memberikan bimbingan kepada siswa dengan menerapkan teknik relaksasi melalui bimbingan kelompok untuk mereduksi kejenuhan belajar siswa. 3) Bagi Guru Mata Pelajaran diharapkan agar meningkatkan kerja sama dengan guru bimbingan dan konseling untuk memotivasi siswa agar tidak jenuh dalam belajar. 4) Bagi Siswa diharapkan agar secara sadar memanfaatkan layanan bimbingan kelompok dengan teknik relaksasi yang diberikan untuk mereduksi rasa jenuh dalam belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: S.Ptk Dami Damianus
Date Deposited: 01 Oct 2021 03:06
Last Modified: 01 Oct 2021 03:06
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4282

Actions (login required)

View Item View Item