Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Materi Pokok Tata Suryapada Peserta Didik Kelas VIIK Semester Genap SMP Negeri 4 Kota Kupangtahun Ajaran 2017/2018

TAE, RUDOLFUS (2018) Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Materi Pokok Tata Suryapada Peserta Didik Kelas VIIK Semester Genap SMP Negeri 4 Kota Kupangtahun Ajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (593kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (644kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (501kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (962kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (100kB)

Abstract

Model PembelajaranDiscovery Learning merupakansuatu model untuk mengembangkan Cara BelajarS iswa Aktif (CBSA) dengan menemukan sendiri, menyelidiki sendiri, maka hasil yang diperoleh akan setia dan tahan lama dalam ingatan, tidak akan mudah dilupakan peserta didik. Dengan belajar penemuan, peserta didik juga bias belajar berfikir analisis dan mencoba memecahkan sendiri problem yang dihadapi. Masalah utama dalam penelitian ini adalah: bagaimana Hasil Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Materi Pokok Tata Surya Pada Peserta Didik Kelas VIIK Semester Genap SMP Negeri 4 Kota Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Secara spesifik masalah dalam penelitian ini adalah:(1)Bagaimana kemampuan pendidik dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning Materi Pokok Tata Surya Pada Peserta Didik Kelas VIIK Semester Genap SMP Negeri4 Kota Kupang Tahun Ajaran 2018/2019.(2) Bagaimana ketuntasan indikator hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning Materi Pokok Tata Surya Pada Peserta Didik Kelas VIIK Semester Genap SMP Negeri4 Kota Kupang Tahun Ajaran 2018/2019 (3)Bagaimana ketuntasan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning Materi Pokok Tata Surya Pada Peserta Didik Kelas VIIK Semester Genap SMP Negeri4 Kota Kupang Tahun Ajaran 2018/2019.(4)Bagaimana respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning Materi Pokok Tata Surya Pada Peserta Didik Kelas VIIK Semester Genap SMP Negeri4 Kota Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil penerapan model Pembelajaran Discovery LearnigMateri Pokok Tata Suryapada peserta didik kelas VIIKSemester GenapSMP Negeri 4 Kota Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Secara spesifik tujuan penelitian ini dapat dijabarkan sebagai berikut:(1) Mendeskripsikan kemampuan pendidik dalam dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning Materi Pokok Tata Surya Pada Peserta Didik Kelas VIIK Semester Genap SMP Negeri 4 Kota Kupang tahun ajaran 2018/2019.(2)Mendeskripsikan ketuntasan indikator hasil belajar dengan menerapkan model Discovery Learning Materi Pokok Tata Surya Pada Peserta Didik Kelas VIIK Semester Genap SMP Negeri 4 Kota Kupang tahun ajaran 2018/2019.(3)Mendeskripsikan ketuntasan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning Materi Pokok Tata Surya Pada Peserta Didik Kelas VIIK Semester GenapSMP Negeri 4 KotaKupang tahun ajaran 2018/2019. (4)Mendeskripsikan respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning Materi Pokok Tata Surya Pada Peserta Didik Kelas VIIK Semester Genap SMP Negeri 4 Kota Kupang tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIIK SMP Negeri 4 Kota Kupang tahun ajaran 2018/2017 yang berjumlah 31 orang dan guru (peneliti). Dalam penelitianini, teknik yang digunakan dalam memilih subyek penelitian peserta didik adalah purposive sampling, untuk memperoleh informasi tentang pengelolaan pembelajaran oleh pendidik (peneliti), ketuntasan indikator hasil belajar, hasil belajar yang diperoleh peserta didik, serta respon peserta didik yang mengikuti kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran discovery leaarning. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah Observasi, Tes Hasil Belajar (THB), Angket. Perangkat pembelajaran yang digunakan adalah Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar Peserta Didik (BAPD), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD).Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lembar Pengamatan Pengelolaan Pembelajaran, Tes Hasil Belajar (THB) dan Lembar Isian Respon Peserta Didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif meliputi perhitungan skor rata-rata, proporsi dan persentase. Berdasarkan hasil analisis deskriptif data penelitian dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learningadalah optimal untuk materi pokok Tata Surya padapeserta didik kelas VIIK SMP Negeri 4 KotaKupang yang berjumlah 31orang. Secara terperinci sebagai berikut:(1)Kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning yang meliputi: perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran adalah termasuk dalam kategori baik.(2)Indikator Hasil Belajar yang disiapkan semuanya tuntas.(3)Hasil belajar peserta didik pada umumnya tuntas.(4)Respon peserta didik terhadap pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran discovery learningberada dalam kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hasilbelajar,Model pembelajaran,Discovery learning,Tata Surya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: SH Yakobus Naben
Date Deposited: 01 Oct 2021 03:20
Last Modified: 01 Oct 2021 03:20
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4283

Actions (login required)

View Item View Item