Dude, John Mikael (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together materi Pokok Kalor Dan Perpindahannya Pada Peserta Didik Kelas VII SMPK St. Familia Kupang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
File Abstrak.pdf Download (240kB) |
|
Text
File Bab I.pdf Download (159kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (482kB) |
|
Text
File BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (299kB) |
|
Text
File BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
Text
File BAB V.pdf Download (113kB) |
Abstract
Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together adalah model pembelajaran yang dikembangkan untuk melibatkan lebih banyak peserta didik dalam menelaah materi yang tercakup dalam suatu pelajaran dan mengecek pemahaman mereka terhadap isi pelajaran tersebut sebagai gantinya mengajukan pertanyaan kepada seluruh kelas. Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil penerapan model membelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together materi pokok kalor dan perpindahannya pada peserta didik kelas VII SMPK St. Familia Kupang semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Secara spesifik, dirumuskan sebagai berikut: 1) Bagaimana kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together materi pokok kalor dan perpindahannya pada peserta didik kelas VII SMPK St. Familia Kupang semester ganjil tahun ajaran 2017/2018? 2) Bagaimana ketuntasan indikator hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together materi pokok kalor dan perpindahannya pada peserta didik kelas VII SMPK St. Familia Kupang semester ganjil tahun ajaran 2017/2018? 3) Bagaimana ketuntasan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together materi pokok kalor dan perpindahannya pada peserta didik kelas VII SMPK St. Familia Kupang semester ganjil tahun ajaran 2017/2018? 4) Bagaimana respon peserta didik terhadap proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together materi pokok kalor dan perpindahannya pada peserta didik kelas VII SMPK St. Familia Kupang semester ganjil tahun ajaran 2017/2018? 5) Bagaimana keterampilan kooperatif peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together materi pokok kalor dan perpindahannya pada peserta didik kelas VII SMPK St. Familia Kupang semester ganjil tahun ajaran 2017/2018?. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil penerapan model membelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together materi pokok kalor dan perpindahannya pada peserta didik kelas VII SMPK St. Familia Kupang semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Secara spesifik, tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together. 2) Mendeskripsikan ketuntasan indikator hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together. 3) Mendeskripsikan ketuntasan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together. 4) Mendeskripsikan respon peserta didik terhadap proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together. 5) Mendeskripsikan keterampilan kooperatif peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan subjek penelitian adalah guru (peneliti) dan peserta didik kelas VII SMPK St. Familia Kupang tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 25 orang. Perangkat pembelajaran yang digunakan adalah BAPD (Bahan Ajar Peserta Didik), RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) dan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik). Teknik pengumpulan data penelitian adalah observasi, tes dan angket. Sedangkan instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran yang meliputi lembar penilaian perencanaan, lembar pengamatan pelaksanaan dan lembar penilaian evaluasi pembelajaran, lembar pengamatan keterampilan kooperatif peserta didik, Tes Hasil Belajar (THB) dan lembar isian respon peserta didik. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan menghitung nilai rata-rata, persentase, dan proporsi. Berdasarkan hasil analisis deskriptif dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together materi pokok kalor dan perpindahannya pada peserta didik kelas VII SMPK St. Familia Kupang semester ganjil tahun ajaran 2017/2018 adalah optimal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan, Model Pembelajaran Kooperatif, Numbered Heads Together, Kalor dan Perpindahannya |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | SH Yakobus Naben |
Date Deposited: | 01 Oct 2021 05:07 |
Last Modified: | 01 Oct 2021 05:07 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4291 |
Actions (login required)
View Item |