Obes, Asumta Katrin (2017) Memperkenalkan Tari Caci Modifikasi Pada Siswa-Siswi Minat Tari SMAK Pancasila Borong Melalui Metode Imitasi Dan Drill. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
COVER DLL.pdf Download (267kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (157kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (154kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (135kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (107kB) |
Abstract
Caci merupakan permainan uji ketangkasan para pria-pria Manggarai.Caci biasanya dimainkan atau dipentaskan pada saat upacara syukur panen, pembukaan lahan baru, ritual tahun baru dan untuk menyambut tamu-tamu penting. Tarian ini dimainkan oleh sepasang pria yang bertarung menggunakan cambuk dan perisai. Namun seiring perkembangan zaman, masyarakat terutama para pelajar kurang tertarik pada tarian ini. Hal ini juga disebabkan karena ragam gerak tarian caci yang terkesan monoton. Untuk itu peneliti tertarik untuk memperkenalkan ragam gerak dan pola lantai tari caci modifikasi kepada siswa-siswi minat tari SMAK Pancasila Borong dengan menggunakan metode imitasi dan drill. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana proses memperkenalkan tari Caci modifikasi pada siswa-siswi minat tari SMAK Pancasila Borong melalui metode imitasi dan drill. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses memperkenalkan tari caci modifikasi pada siswa-siswi minat tari SMAK Pancasila Borong melalui metode imitasi dan drill. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode yang digunakan adalah metode tindakan lapangan. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses memperkenalkan Tari Caci Modifikasi pada siswa-siswi minat tari SMAK Pancasila Borong melalui metode imitasi dan drill dilakukan dalam 3 tahap. Tahap awal peneliti menjelaskan tentang tari caci modifikasi.Tahap inti memperkenalkan ragam gerak dan pola lantaitari caci modifikasi. Dan tahap akhir adalah pementasan tariancaci modifikasi.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dalam proses memperkenalkan tari caci modifikasi terdapat kesulitan pada beberapa ragam gerak yang dialami oleh siswa, namun hal tersebut dapat diatasi melalui metode imitasi dan drill
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tari Caci, Modifikasi, Metode imitasi, Metode drill. |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools M Music and Books on Music > M Music |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik |
Depositing User: | SH Yakobus Naben |
Date Deposited: | 18 Oct 2021 02:50 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 02:50 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4323 |
Actions (login required)
View Item |