Pengaruh Ketelitian Dan Motivasi Intrinsik Terhadap Hasil Belajar Kimia Materi Pokok Hukum-Hukum Dasar Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Pada Peserta Didik Kelas X IPA 6 SMAN 5 Kupang Tahun Pelajaran 2017/2018

KEBAN, Alberto Romario Sili (2018) Pengaruh Ketelitian Dan Motivasi Intrinsik Terhadap Hasil Belajar Kimia Materi Pokok Hukum-Hukum Dasar Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Pada Peserta Didik Kelas X IPA 6 SMAN 5 Kupang Tahun Pelajaran 2017/2018. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (588kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (166kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (337kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (598kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (404kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (198kB)

Abstract

Model pembelajaran koopertaif didasarkan pada prinsip kerja sama dalam kelompok, sehingga efektivitas hasil belajar tergantung pada maksimalnya kerjasama kelompok. Pembelajaran kooperatif adalah pembelajaran secara team, dimana team merupakan tempat untuk mencapai tujuan. Keberhasilan team adalah tanggung jawab bersama dari semua anggota kelompok. Setiap kelompok bersifat heterogen, artinya kelompok terdiri dari anggota yang memiliki kemampuan akademik, jenis kelamin dan latar belakang sosial yang berbeda. Model pembelajaran Think Pair Share merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif sederhana. Think Pair Share memperkenalkan ide ’’waktu berpikir’’ yang banyak menjadi faktor kuat dalam meningkatkan kemampuan peserta didik merespon pertanyaan. Proses Think Pair Share memiliki tiga tahap kegiatan peserta didik yang menekankan pada sesuatu yang dikerjakan peserta didik pada setiap tahap yang menunjukan ciri utama model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share adalah langkah think (berpikir secara individual), pair (berpasangan dengan teman sebangku) dan share (berbagi jawaban dengan pasangan lain atau seluruh kelas). Masalah pokok dalam penelitian ini (1) Bagaimana efektifitas pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada materi pokok Hukum-Hukum Dasar Kimia pada peserta didik kelas X IPA 6 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2017/2018? (2) Bagaimanakah ketelitian peserta didik kelas X IPA 6 SMAN 5 Kupang Tahun ajaran 2017/2018 dalam pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) materi pokok Hukum-hukum Dasar Kimia (3) Bagaimanakah motivasi peserta didik kelas X IPA 6 SMAN 5 Kupang Tahun ajaran 2017/2018 dalam pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) materi pokok Hukum-hukum Dasar Kimia (4) Apakah ada pengaruh ketelitian dan motivasi intrinsik terhadap hasil belajar peserta didik kelas X IPA 6 SMAN 5 Kupang Tahun ajaran 2017/2018 dalam pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) materi pokok Hukum-hukum Dasar Kimia? (5) Apakah ada hubungan ketelitian dan motivasi intrinsik terhadap hasil belajar peserta didik kelas X IPA 6 SMAN 5 Kupang Tahun ajaran 2017/2018 dalam pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) materi pokok Hukum-hukum Dasar Kimia? Tujuan utama penelitian ini (1) Mengetahui efektifitas pembelajaran kimia yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) materi pokok Hukum-hukum Dasar Kimia peserta didik kelas X IPA 6 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2017/2018. (2) Mengetahui ketelitian peserta didik dalam pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) materi pokok Hukum-hukum Dasar Kimia peserta didik kelas X IPA 6 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2017/2018. (3) Mengetahui motivasi intrinsik peserta didik dalam pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) materi pokok Hukum-hukum Dasar Kimia peserta didik kelas X IPA 6 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2017/2018. (4) Mengetahui adanya pengaruh ketelitian danmotivasi intrinsik terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) materi pokok Hukum-hukum Dasar Kimia peserta didik kelas X IPA 6 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2017/2018.(5) Mengetahui adanya hubungan ketelitian danmotivasi intrinsik terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) materi pokok Hukum-hukum Dasar Kimia peserta didik kelas X IPA 6 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2017/2018. Hasil analisis data yang dilakukan, disimpulkan : (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada materi pokok Hukum-Hukum Dasar Kimia pada peserta didik kelas X IPA 6 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 adalah efektif (2)Pengaruh ketelitian terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada materi pokok Hukum-Hukum Dasar Kimia pada peserta didik kelas X IPA 6 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 diinterpretasikan sebagai kategori pengaruh baikdengan rata-rata besar pengaruh ketelitan terhadap hasil belajar 30 orang peserta didik sebesar 75,96667% dan. (3) Pengaruh motivasi intrinsik terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada materi pokok Hukum-Hukum Dasar Kimia pada peserta didik kelas X IPA 6 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 83,766667 (4) Ada hubungan ketelitian terhadap hasil belajar. besar hubungan nilai rX1Y = 0,57677649 dimana ketelitian memberikan sumbangan (kontribusi) terhadap hasil belajar sebesar Sumbangan atau kontribusi ketelitian terhadap hasil belajar (KP) sebesar 33,267112%. Ada hubungan motivasi intrinsik terhadap hasil belajar. Nilai besar hubungan ��2� = 0,57179317dimana variabel motivasi intrinsik memberikan sumbangan (kontribusi) terhadap hasil belajar sebesar 32,694743%. Ada hubungan ketelitian dan motivasi intrinsik terhadap hasil belajar. Nilai korelasi RX1X2Y= 0,52709294 (5) Adanya pengaruh ketelitian terhadap hasil belajar. Nilai persamaan Ŷ= 65, 6900355 + 0,25418997 X. Ada pengaruh motivasi intrinsik terhadap hasil belajar. Nilai persamaan Ŷ= 51,0606594 + 0,40237971X. Ada pengaruh ketelitian dan motivasi intrinsik terhadap hasil belajar dengan nilai persamaan �� = 0,392000748 + 0,287369 �1 + 0,74943336�2.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Ketelitian, motivasi intrinsik, hasil belajar, model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS).
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Ptk Dami Damianus
Date Deposited: 18 Oct 2019 03:23
Last Modified: 18 Oct 2019 03:23
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/433

Actions (login required)

View Item View Item