“Pengaruh Sikap Demokrasi Dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (High Order Thinking) Terhadap Hasil Belajar Kimia Pada Materi Pokok Sistem Koloid Dengan Menerapkan Pendekatan Discovery Learning Peserta Didik Kelas XI MIA 2 SMA Negeri 7 Kupang Tahun Pelajaran 2017/2018”

SERAN, Dionisius Nahak (2018) “Pengaruh Sikap Demokrasi Dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (High Order Thinking) Terhadap Hasil Belajar Kimia Pada Materi Pokok Sistem Koloid Dengan Menerapkan Pendekatan Discovery Learning Peserta Didik Kelas XI MIA 2 SMA Negeri 7 Kupang Tahun Pelajaran 2017/2018”. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (266kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (157kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (772kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (395kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (468kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (147kB)

Abstract

Proses pembelajaran dengan menerapkan pendekatan discovery learning dapat menyebabkan peserta didik dapat secara aktif mengkonstruksi konsep, hukum atau prinsip melalui beberapa tahapan yaitu stimulation (pemberian rangsangan) dengan kegiatan berupa mengamati gambar, mendengar informasi atau melakukan percobaan sederhana yang dapat merangsang pola pikir, problem statement (pertanyaan atau mengidentifikasi masalah) dengan cara merumuskan masalah dan hipotesis dari suatu pemaslahan, data collection (mengumpulkan data) dari berbagai informasi yang relevan, membaca literatur, mengamati objek, maupun melakukan uji coba sendiri, data processing (menganalisis data) yaitu peserta didik mengolah, mengacak dan mengklasifikasikan data yang telah diperoleh dengan berbagai mcam teknik,verification (pembuktian) dengan cara memeriksa secara cermat untuk membuktikan benar atau tidaknya hipotesis yang telah ditetapkan, generalization (menarik kesimpulan) yang menjadi dasar atau prinsip umum dan berlaku untuk semua masalah yang sama. Masalah pokok dalam penelitian ini (1) Bagaimana efektifitas pembelajaran yang menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok sistem koloid peserta didik kelas XI MIA 2 SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 ?(2) Bagaimana sikap demokrasi peserta didik kelas XI MIA 2 SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2017/2018? (3) Bagaimana kemampuan berpikir tingkat tinggi (high order thinking)peserta didik kelas XI MIA 2 SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 ? (4) Adakah hubungan sikap demokrasi dan kemampuan berpikir tingkat tinggi (high order thinking) peserta didik terhadap hasil belajar dengan menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok sistem koloid peserta didik kelas XI MIA 2 SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 ? (5) Adakah pengaruh sikap demokrasi dan kemampuan berpikir tingkat tinggi (high order thinking) peserta didik terhadap hasil belajar dengan menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok sistem koloid peserta didik kelas MIA 2 SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 ? Tujuan utama penelitian ini (1) Mengetahui efektifitas pembelajaran dengan menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok sistem koloid peserta didik kelas XI MIA 2 SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 (2) Mengetahui sikap demokrasi peserta didik kelas XI MIA 2 SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 (3) Mengetahui kemampuan berpikir tingkat tinggi (high order thinking) peserta didik kelas XI MIA 2 SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 (4) Mengetahui ada tidaknya hubungan sikap demokrasi dan kemampuan berpikir tingkat tinggi (high order thinking) terhadap hasil belajar dengan menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok sistem koloid peserta didik kelas XI MIA 2 SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 (5) Mengetahui ada tidaknya pengaruh sikap demokrasi dan kemampuan berpikir tingkat tinggi (high order thinking) peserta didik terhadap hasil belajar dengan menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok sistem koloid peserta didik kelas XI MIA 2 SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2017/2018. Dari analisis data diperoleh : (1) Penerapan pendekatan discovery learning efektif pada materi pokok sistem koloid peserta didik kelas XI MIA 2 SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 (2)sikap demokrasi peserta didik kelas XI MIA 2 SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase sebesar 81% (3) kemampuan berpikir tingkat tinggi (high order thinking) peserta didik kelas XI MIA 2 SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 termasuk dalam kategori sangat tinggi dengan persentase kemampuan berpikir tingkat tinggi (high order thinking) sebesar 82% (4) Ada hubungan antara sikap demokrasi dan kemampuan berpikir tingkat tinggi (high order thinking) peserta didik terhadap hasil belajar dengan menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok sistem koloid peserta didik kelas XI MIA 2 SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 dengan koefisien korelasi ������ = 0,741079577906 (5) Ada pengaruh antara sikap demokrasi dan kemampuan berpikir tingkat tinggi (high order thinking) peserta didik terhadap hasil belajar dengan menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok sistem koloid peserta didik kelas XI MIA 2 SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 dengan persamaan regresi ganda Ŷ = 22,213 + 0,279 �� + 0,535 ��.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Ptk Dami Damianus
Date Deposited: 18 Oct 2019 04:43
Last Modified: 18 Oct 2019 04:43
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/434

Actions (login required)

View Item View Item