Pengaruh Sikap Proaktif Dan Kemampuan Numerik Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Pokok Larutan Penyangga Dengan Menerapkan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 5 Kupang Tahun Pelajaran 2017/2018

ROSARI RENDO, Wilberta Renya (2018) Pengaruh Sikap Proaktif Dan Kemampuan Numerik Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Pokok Larutan Penyangga Dengan Menerapkan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 5 Kupang Tahun Pelajaran 2017/2018. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (407kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (130kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (330kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (414kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (173kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta empirik dalam proses belajar mengajar maupun hasil observasi dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti di SMA Negeri 5 Kupang. Pendekatan inkuiri merupakan suatu teknik atau strategi pembelajaran yang digunakan guru untuk merangsang peserta didik untuk lebih aktif mencari, meneliti serta menemukan sendiri pemecahan masalah tentang pengetahuan yang sedang dipelajari. Tujuan dari Penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui efektifitas pendekatan inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar kimia pada materi pokok larutan penyangga peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 5 Kupang tahun ajaran 2017/2018. (2) Untuk mengetahui sikap proaktif dan kemampuan numerik peserta didik kelas XI IPA 7 SMA Negeri 5 Kupang. (3) Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan sikap proaktif dan kemampuan numerik dengan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA 7 SMA Negeri 5 Kupang. (4) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh sikap proaktif dan kemampuan numeric terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 5 Kupang. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan asosiatif. Populasi dan sampel adalah peserta didik kelas XI IPA 7 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2017/2018. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan kemampuan guru mengelolah pembelajaran, lembar observasi dan angket penilaian diri sikap spiritual (KI 1) dan sikap sosial (KI 2), tes hasil belajar berupa kuis, tugas dan ulangan untuk aspek pengetahuan (KI 3), lembar observasi psikomotor, presentasi dan lembar penilaian portofolio untuk aspek ketrampilan (KI 4), lembar angket sikap proaktif dan soal tes kemampuan numerik. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) Pendekatan inkuiri terbimbing efektif terhadap hasil belajar kimia pada materi pokok larutan penyangga peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 5 Kupang tahun ajaran 2017/2018. (2a) Ada hubungan yang signifikan antara sikap proaktif dengan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok larutan penyangga dengan korelasi pearson product moment (r) 0,959 yang masuk dalam tingkat hubungan yang sangat kuat dan memberi kontribusi sebesar 92%. (2b) Ada hubungan yang signifikan antara kemampuan numerik dengan hasil belajar kimia dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok larutan penyangga dengan korelasi pearson product moment (r) 0,858 yang masuk dalam tingkat hubungan yang sangat kuat dan memberi kontribusi sebesar 72,8 %. (2c) Ada hubungan yang signifikan antara sikap proaktif dan kemampuan numerik peserta didik dengan hasil belajar kimia dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok larutan penyangga dengan korelasi 0,968 yang masuk dalam tingkat hubungan yang sangat kuat dan memberi kontribusi sebesar 93,7 %. (3a) Ada pengaruh sikap proaktif yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok larutan penyangga dengan persamaan regresi yang diperoleh Y� =a+bX1= 39,388+ 0,575 X1. (3b) Ada pengaruh kemampuan numerik yang signifikan terhadap hasil belajar kimia dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok larutan penyangga dengan persamaan regresi yang diperoleh Y� =a+bX2= 50,128+ 0,454 X2. (3c) Ada pengaruh kemampuan sikap proaktif dan kemampuan numerik dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok larutan penyangga dengan persamaan regresi ganda Y� =a+b1X1+b2X2=66,91+0,103 X1+0,174 X2.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sikap Proaktif, Kemampuan Numerik, Pendekatan Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Ptk Dami Damianus
Date Deposited: 16 Oct 2019 04:28
Last Modified: 16 Oct 2019 04:28
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/435

Actions (login required)

View Item View Item