Pengaruh Peduli Lingkungan Siswa Terhadap Hasil Belajar Kimia Materi Pokok Hidrolisis Garam Dengan Menerapkan Pendekatan Discovery Learning Pada Siswa Kelas XI-IPA 1 MAN Model Kupang Tahun Ajaran 2017/2018

NURDIN, Bela Safira (2018) Pengaruh Peduli Lingkungan Siswa Terhadap Hasil Belajar Kimia Materi Pokok Hidrolisis Garam Dengan Menerapkan Pendekatan Discovery Learning Pada Siswa Kelas XI-IPA 1 MAN Model Kupang Tahun Ajaran 2017/2018. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (662kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (166kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (473kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (547kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (413kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (154kB)

Abstract

Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan discovery learning pada dasarnya mengacu pada pendapat Bruner yang menyatakan bahwa pembelajaran dengan penemuan mendorong peserta didik untuk mengajukan pertanyaan dan menarik simpulan dari prinsip-prinsip umum berdasarkan pengalaman dan kegiatan praktispendekatan Discovery Learning lebih menekankan pada pengalaman-pengalaman aktif dan pembelajaran berpusat pada siswa. Melalui kegiatan pembelajaran itu, siswa menemukan ide-ide mereka sendiri dan memperoleh makna oleh mereka sendiri melalui tahapan-tahapan stimulation, problem statement, data collection, data processing, Verification, dan generalization. Masalah pokok dalam penelitian ini (1) Bagaimana efektifitas pembelajaran yang menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok hidrolisis garam pada siswa kelas XI IPA 1 MAN Model Kupang tahun ajaran 2017/2018? (2) Bagaimana pedli lingkungan siswa kelas XI IPA 1 MAN Model Kupang tahun ajaran 2017/2018? (3) Adakah hubungan peduli lingkungan siswa dengan hasil belajar yang menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok hidrolisis garam pada siswa kelas XI IPA 1 MAN Model Kupang tahun ajaran 2017/2018? (4) Adakah pengaruh peduli lingkungan siswa terhadap hasil belajar yang menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok hidrolisis garam siswa kelas XI IPA 1 MAN Model Kupang tahun ajaran 2017/2018? Tujuan utama penelitian ini (1) Bagaimana efektifitas pembelajaran yang menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok hidrolisis garam pada siswa kelas XI IPA 1 MAN Model Kupang tahun ajaran 2017/2018? (2) Bagaimana pedli lingkungan siswa kelas XI IPA 1 MAN Model Kupang tahun ajaran 2017/2018? (3) Adakah hubungan peduli lingkungan siswa dengan hasil belajar yang menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok hidrolisis garam pada siswa kelas XI IPA 1 MAN Model Kupang tahun ajaran 2017/2018? (4) Adakah pengaruh peduli lingkungan siswa terhadap hasil belajar yang menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok hidrolisis garam siswa kelas XI IPA 1 MAN Model Kupang tahun ajaran 2017/2018? Dari analisis data diperoleh : (1) Penerapan pendekatan discovery learning efektif pada materi pokok hidrolisis garam pada siswa kelas XI IPA 1 MAN Model Kupang tahun ajaran 2017/2018 (2) peduli lingkungan siswa kelas XI IPA 1 MAN Model Kupang termasuk dalam kategori baik dengan persentase sebesar 74% (3) Ada hubungan antara peduli lingkungan siswa dengan hasil belajar yang menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok hidrolisis garam pada siswa kelas XI IPA 1 MAN Model Kupang tahun pelajaran 2017/2018 dengan koefisien korelasi = 0,560 (4) Ada pengaruh antara peduli lingkungan siswa terhadap hasil belajar yang menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok hidrolisis garam siswa kelas XI IPA 1 MAN Model Kupang tahun ajaran 2017/2018 dengan persamaan regresi ganda .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Ptk Dami Damianus
Date Deposited: 18 Oct 2019 04:45
Last Modified: 18 Oct 2019 04:45
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/436

Actions (login required)

View Item View Item