Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VIII Melalui Studi Pustaka

YEHUGEN, Maria Claudia (2020) Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VIII Melalui Studi Pustaka. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (689kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (313kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (494kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (202kB)

Abstract

Pembelajaran adalah suatu proses yang rumit karena tidak sekedar menyerap informasi dari guru tetapi melibatkan berbagai kegiatan dan tindakan yang harus dilakukan untuk mendapatkan hasil belajar yang lebih baik. Proses pembelajaran dan hasil belajartidak bisa dipisahkan karena satu dengan lainnya saling berkaitan. Dalam suatuprosespembelajaran hasil belajar peserta didik rendah dikarenakan sebagian Peserta Didik kurang aktif. Oleh karena itu salah satu upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut dengan menerapkan model pembelajaran yang inovatif. Oleh karena itu peneliti menggunakan model Discovery Learning untuk digunakan dalam proses pembelajaran,tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VIIImelalui studi pustaka.jenis penelitian yang digunakan dalam penelitianini adalah penelitian kualitatif deskriptif yakni penelitian yang dilakukan melalui pengumpulan data atau karya tulis ilmiah.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah mengumpulkan berbagai macam sumber pustaka yang relevan, data yang dikumpulkan berupa skripsi dan juga jurnal, data yang ada kemudian dinalisi ssecara sistematis untuk mempermudah peneliti dalam menyelesaikan masalah yang sedang diteliti berupa ada tidaknya pengaruh model Discovery Learning terhadap hasil belajar peserta didik.Hasil studi pustaka menunjukkan bahwa rata-rata nilai untuk kelas eksperimen yang menggunakan model Discovery Learning sebelum dan sesudah diterapkan dimana nilai pretest 51,5 ke nilai posttest-Nya 83.1 meningkat yaitu31,6.Hal ini dikarenakan data hasil penelitian yang didapat berupa nilai posttest semuanya mengalami peningkatan setelah menggunakan model Discovery Learning dan nilainya sudah memenuhi standar ketuntasan minimum yang ditetapkan Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Discovery Learning terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII melaui studi pustaka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Discovery Learning,Hasil Belajar IPA , Studi Pustaka
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Ptk Dami Damianus
Date Deposited: 22 Oct 2021 00:28
Last Modified: 22 Oct 2021 00:28
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4377

Actions (login required)

View Item View Item