Analisis Kesesuaian Penyusunan RPP IPA Materi Pokok Sistem Gerak Pada Manusia Menurut Permendikbud No 22 Tahun 2016 Di SMP Negeri 13 Kupang

ASSAN, Maria Sesilia (2020) Analisis Kesesuaian Penyusunan RPP IPA Materi Pokok Sistem Gerak Pada Manusia Menurut Permendikbud No 22 Tahun 2016 Di SMP Negeri 13 Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (374kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (109kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (148kB)

Abstract

Proses pembelajaran pada kurikulum 2013 saat ini, yaitu pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, namum pada kenyataanya masih dijumpai dalam proses pembelajaran di kelas, pembelajaran masih berpusat pada pendidik. Hal ini terjadi karena siswa yang kurang aktif dalam proses Pembelajaran di kelas dan guru yang sering mengguasai kalas tanpa menggikuti RPP yang di buat. Oleh karna itu dibutuhkan perangkat pembelajaran yang mendukung dalam kegiatan belajar mengajar sehingga terbentuk interaksi yang efektif dan meningkatkan aktivitas belajar peserta didik adalah RPP. Namun pada kenyataannya masih ditemukan penyusunan RPP yang kurang memperhatikan komponen–kompoonen yang termuat dalam RPP. Hal ini akan berpengaruh terhadap kualitas RPP yang digunakan dalam proses pembelajaran. Maka perlu dilakukan suatu kajian untuk menilai kesesuaian RPP. Tujuan penelitian ini adalahuntuk mengetahui Kesesuaian Penyusunan RPP IPA pada materi sistem gerak pada manusia Menurut Permendikbud No 22 Tahun 2016 yang digunakan di SMP Negeri 13 Kupang.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menyajikan data hasil validasi kesesuaian RPP IPA Menurut Permendikbud No 22 Tahun 2016. Validator terdiri dari dua orang pakar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar instrumen analisis kesesuaian RPP.Hasil analisis data menunjukkan bahwa pada aspek pernyataan satu, enam dan tujuh mendapat persentase 100% dan termasuk dalam kategori sangat sesuai. Pada aspek pernyataan dua dan empat mendapat persentase 62,5% dan termasuk dalam kategori sesuai. Pada aspek pernyataan ke tiga dan lima mendapat persentase 75% dan termasuk dalam kategori sesuai. Sedangkan pada aspek pernyataan ke delapan dan sembilan mendapat persentase 87,5% dan termasuk dalam kategori sangat sesuai.Berdasarkan analisis data yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa kesesuaian RPP IPA pada materi sistem gerak pada manusia yang disusun oleh guru IPA di SMP Negeri 13 Kupang berdasarkan Permendikbud No 22 tahun 2016, mendapat persentase sebesar 88,33%termasuk dalam kategori sangat sesuai. Namun pada RPP guru IPA tersebut masih merujuk pada Permendikbud No 81 A Tahun 2013, karena masih memuat kompetensi inti (KI) dalam RPP. Sedangkan pada Permendikbud No 22 Tahun 2016kompetensi inti (KI) tidak dicantumkan lagi dalam RPP.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesesuian RPP,Permendikbud No 22 Tahun 2016.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QM Human anatomy
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Ptk Dami Damianus
Date Deposited: 22 Oct 2021 00:40
Last Modified: 22 Oct 2021 00:40
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4381

Actions (login required)

View Item View Item