Studi Literatur Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama

NAHAK, Yeni Triana (2020) Studi Literatur Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (513kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (98kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (103kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran dan model pembelajaran yang diterapkan guru belum sepenuhnya melibatkan peserta didik sehingga menyebabkan hasil belajar peserta didik rendah. Salah satu cara untuk dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang dapat membuat peserta didik lebih aktif dalam proses pembelajaran, maka peneliti menerapkan model pembelajaran Inkuiri terbimbing, tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Inkuiri terbimbing terhadap peningkatan hasil belajar IPA peserta didik Sekolah Menengah Pertama. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan sumber pustaka berupa skripsi dan artikel jurnal, data yang ada kemudian diuraikan secara sistematis untuk mempermudah penulis dalam menyelesaikan masalah yang sedang diteliti dan selanjutnya penulis akan mengidentifikasi sumber yang ada untuk memperoleh hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil nilai rata-rata pretest dan posttest dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri terbimbing terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik.Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar IPA Peserta didik Sekolah Menengah Pertama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Inkuiri Terbimbing, Peningkatan Hasil belajar IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Ptk Dami Damianus
Date Deposited: 22 Oct 2021 01:15
Last Modified: 22 Oct 2021 01:15
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4387

Actions (login required)

View Item View Item