JELITA, Wilhelmina A. (2020) Dampak Covid-19 Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Online Pada Mata Pelajaranipabiologi Kelas VIII SMP Katolik Adisucipto Penfui Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (280kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (192kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (122kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (148kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (100kB) |
Abstract
SMP Katolik Adisucip penfui kupang merupakan salah satu sekolah yang terkena dampak dari virus Covid-19. Dimana di sekolah ini guru-guru dan peserta didik melaksanakan kegiatan belajar mengajar dari rumah masing-masing dan proses belajar mengajar dilakukan secara online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari Covid-19Terhadap pelaksanaan pembelajaran online pada mata pelajaran IPA Biologi Kelas VIII SMP Katolik Adisucipto Penfui Kupang. Penelitian ini telah dilaksanakan di SMP Katolik Adisucipto Penfui Kupang, pada bulan Agustus tahun 2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII di SMP Katolik Adisucipto Penfui Kupang dan sampelnya adalah kelas VIII A yang berjumlah 18 orang. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pemberian kuisioner kepada peserta didik melalui guru wali kelas dan di sebarkan melalui aplikasi Whatsapp . Instrumen penelitian yang di gunakan adalah kuisioner pelaksanaan pembelajaran online. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif.Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa dampak Covid-19terhadap pelaksanaan pembelajaran online pada mata pelajaran IPA Biologi yang dialami oleh peserta didik kelas VIII A di SMP Katolik Adisucipto Penfui Kupang dimana peserta didik kurang fokus padasaat proses pembelajaran yang berlangsung dari rumah, dikarenakan ada aktifitas lain yang dilakukan oleh orang rumah sehingga menimbulkan keributan. Terkadang peserta didik juga kurang memahami apa yang dijelaskan oleh guru..Kesimpulan dari penelitian ini bahwa dampak dari pandemi Covid-19 yaitu situasi pembelajaran yang kurang kondusif dan kesulitan peserta didik dalam memahami mata pelajaran IPA Biologi yang diberikan oleh guru mata pelajaran, dan juga jaringan yang kadang kurang baik dan ada peserta didik yang tidak memiliki kuota internet dapat menggangu proses pembelajaran yang dilakukan secara online.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Covid-19, Pembelajaran Online, Pembelajaran IPA Biolog |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | S.Ptk Dami Damianus |
Date Deposited: | 22 Oct 2021 01:19 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 01:19 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4388 |
Actions (login required)
View Item |