Analisis Kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Guru Ipa Kelas IX DI SMPN 3 Kupang Dengan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016

ENDONG, Bonefasia (2020) Analisis Kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Guru Ipa Kelas IX DI SMPN 3 Kupang Dengan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (719kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (303kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (198kB)

Abstract

Rencana pelaksanaan pembelajaran adalah sebagai pedoman guru dalam mengajar di dalam kelas. Guru membuat rencana pelaksanaan untuk memudahkannya dalam persiapan mengajar agar sesuai dengan Kompetensi Inti dan Kompetensi dasar pada saat pelajaran berlangsung untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penelitianini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian rencana pelaksanaaan pembelajaran guru IPA kelas IX di SMPN 3 Kupang dengan permendikbud No. 22 tahun 2016.Jenis Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif, penelitian ini berupaya menyajikan tentang kesesuaian dan kelengkapan rencana pelaksanaan pembelajaran. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui lembar instrumen penilaian rencana pelaksanaan pembelajaran kemudian analisis kelengkapan dan kesesuaiannya dengan permendikbud Nomor 22 tahun 2016 yang akan divaliditas oleh 2 orang pakar. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kelengkapan rencana pelaksanaan pembelajaran memiliki nilai persentase sebesar 89,29% dengan kriteria sangat sesuai dan kesesuaian isi rencana pelaksanaan pembelajaran memiliki nilai persentase sebesar 52 % dengan kriteria sesuai. Kesimpulan penelitian ini adalah rencana pelaksanaan pembelajaran yang dibuat oleh guru IPA kelas IX di SMPN 3 Kupang sesuai dengan permendikbud No. 22 tahun 2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesesuaian,RPP,Permendikbud No. 22 Tahun 2016
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Ptk Dami Damianus
Date Deposited: 22 Oct 2021 01:35
Last Modified: 22 Oct 2021 01:35
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4392

Actions (login required)

View Item View Item