Pengaruh Sikap Santun Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Terhadap Hasil Belajar Kimia Pada Materi Pokok Sistem Koloid Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Pada Peserta Didik Kelas XI IPA 1 SMAK Sint Carolus Penfui-Kupang Tahun Ajaran 2017/2018

BRIA, Maria Graciana (2018) Pengaruh Sikap Santun Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Terhadap Hasil Belajar Kimia Pada Materi Pokok Sistem Koloid Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Pada Peserta Didik Kelas XI IPA 1 SMAK Sint Carolus Penfui-Kupang Tahun Ajaran 2017/2018. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (166kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (55kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (142kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (404kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (596kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (45kB)

Abstract

Model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation merupakan salah satu model pembelajaran yang menekankan pada partisipasi dan aktivitas siswa unutk mencari sendiri materi (informasi) pelajaran yang akan dipelajari dan dirancang agar siswasecaraaktifmengkonstruksikonsep,hukum melalui tahap memilih topik dan mengorganisasikan siswa, merencanakan investigasi, melakukan investigasi, membuat laporan akhir, mempresentasikan hasil diskusi, dan evaluasi. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah (1)Bagaimana efektifitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation materi pokok koloid pada peserta didik kelas X1 IPA 1 SMAK Sint Carolus Penfui-Kupang tahun ajaran 2017/2018? (2)Bagaimanakah sikap santun peserta didik kelas XI IPA 1 SMAK Sint Carolus Penfui-Kupang tahun ajaran 2017/2018? (3) Bagaimanakah kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas XI IPA 1 SMAK Sint Carolus Penfui-Kupang tahun ajaran 2017/2018? (4) Adakah hubungan sikap santun dan kemampuan pemecahan masalah terhadap hasil belajar yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada materi pokok koloid peserta didik kelas XI IPA 1 SMAK Sint Carolus Penfui-Kupang tahun ajaran 2017/2018? (5) Adakah pengaruh sikap santun dan kemampuan pemecahan masalah terhadap hasil belajar yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada materi pokok koloid peserta didik kelas XI IPA 1 SMAK Sint Carolus Penfui-Kupang tahun ajaran 2017/2018? Tujuan utama penelitian ini adalah (1)Mengetahui efektifitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation materi pokok koloid pada peserta didik kelas X1 IPA 1 SMAK Sint Carolus Penfui- Kupang tahun ajaran 2017/2018? (2) Mengetahui sikap santun peserta didik kelas XI IPA 1 SMAK Sint Carolus Penfui-Kupang tahun ajaran 2017/2018?(3) Mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XI IPA 1 SMAK Sint Carolus Penfui-Kupang tahun ajaran 2017/2018?(4)Mengetahui ada tidaknya hubungan sikap santun dan kemampuan pemecahan masalah terhadap hasil belajar yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada materi pokok koloid peserta didik kelas XI IPA 1 SMAK Sint Carolus Penfui-Kupang tahun ajaran 2017/2018? (5) Mengetahui ada tidaknya pengaruh sikap santun dan kemampuan pemecahan masalah terhadap hasil belajar yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada materi pokok koloid peserta didik kelas XI IPA 1 SMAK Sint Carolus Penfui-Kupang tahun ajaran 2017/2018? Dari Analisis data dipeoleh: (1)Penerapan model pembelajaran efektif pada materi pokok koloid peserta didikkelas XI IPA 1 SMAK Sint Carolus Penfui-Kupang (2) Sikap santun peserta didik kelas X1 IPA 1 SMAK SintCarolus Penfui-Kupang termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai 82 (3) Kemampuan pemecahan masalahpeserta didik kelas X1 IPA 1 SMAK Sint Carolus Penfui-Kupangtermasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 79 (4) Adanya hubungan antara sikap santun dan kemampuan pemecahan masalah terhadap hasil belajar peserta didik yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation materi pokok koloid peserta didik kelasXI IPA 1 SMAK Sint Carolus Penfui-Kupang tahun ajaran 2017/2018 yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi (rx1x2y) = 0,8695dan nilai koefisien determinasi (D)= 75,6%serta nilai F ≥ F atau 40,6451≥ 3,42(5) Adanya pengaruh antarasikap santun dan kemampuan pemecahan masalahterhadap hasil belajar peserta didik yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation materi pokok koloid peserta didik kelasXI IPA 1 SMAK Sint Carolus Penfui-Kupang tahun ajaran 2017/2018, dengah hasil penelitian menunjukan pengaruh sikap santun dan kemampuan pemecahan masalah terhadap hasil belajar peserta didik diterangkan oleh persamaan regresinya Membandingkan nilai FHitung dengan Ftabel, kemudian simpulkan.Karena FHitung ≥ Ftabel yakni 218.439≥ 3,40, maka tolak H0 artinya Ada pengaruh yang signifikan antara sikap santun dan kemampuan pemecahan masalah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sikap Santun, Kemampuan Pemecahan Masalah, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation(GI).
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Ptk Dami Damianus
Date Deposited: 18 Oct 2019 05:06
Last Modified: 18 Oct 2019 05:06
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/441

Actions (login required)

View Item View Item