Analisis Kesesuaian LKPD Ipa Pada Materi Pencemaran Lingkungan Dengan Model Discovery Learning Kelas VII SMP Angkasa Kupang

KEDA, Paskalis Kopong (2020) Analisis Kesesuaian LKPD Ipa Pada Materi Pencemaran Lingkungan Dengan Model Discovery Learning Kelas VII SMP Angkasa Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (181kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (56kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (637kB)

Abstract

Proses pembelajaran dalam kurikulum 2013 didasarkan pembelajaran yang berpusat padapeserta didik. Namun pada kenyataannya masih dijumpai dalam proses pembelajaran dikelas yang mengarahkan peserta didik pada kemampuan menghafal, danmengingat materi pelajaran, tanpa diarahkan untuk memahami materi pelajaran, dan menghubungkannya dengan kehidupan sehari-hari.Oleh karena itu dibutuhkan model pembelajaran yang dapat mengaktifkan peserta didik dalam proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang digunakan adalah model discovery learning. Selain model pembelajaran, peran perangkat pembelajaran sangat penting dalam mendukung proses pembelajaran agar dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik. Salah satu perangkat pembelajaran yang mendukung dalam kegiatan belajar mengajar sehingga akan terbentuk interaksi yang efektif dan meningkatkan aktivitas belajar peserta didik adalah LKPD berbasis discovery learning. Namun pada kenyataannya masih ditemukan penyusunan LKPD yang kurang memperhatikan karakteristik maupun langkah-langkah dari model discovery learning.Hal ini akan berpengaruh terhadap kualitas LKPD yang digunakan dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, untukmenjamin kualitas LKPD maka perlu dilakukan suatu kajian untuk menilai kesesuain LKPD dengan model discovery learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian LKPD IPA yang disusun oleh guru mata pelajaran IPA kelas VII dengan model discovery learning di SMP Angkasa Kupang pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif yang menyajikan data hasil validasi kesesuaian LKPD IPA dengan model discovery learning. Validator terdiri dari dua orang pakar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi LKPD. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pada aspek pernyataan satu mendapat persentase sebesar 87,5% dan termasuk dalam kategori sangat sesuai.Pada aspek pernyataan dua hingga aspek pernyataan ke tujuh masing-masing mendapat persentase sebesar 62,5%.Pada aspek pernyataan ke delapan mendapat persentase sebesar 75% dan termasuk dalam kategori sesuai. Sedangkan pada aspek pernyataan sembilan mendapat persentase sebesar 87,5% dan termasuk dalam kategori sangat sesuai.Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwaLKPD IPA pada materi pencemaran lingkungan yang disusun oleh guru mata pelajaran IPA di SMP Angkasa Kupang sudah sesuai dengan langkah-langkah model discovery learning. Hal ini dapat dilihat pada persentase keseluruhan aspek sebesar 69,44 %dantermasuk dalam kategori sesuai. Namun perlu ada perbaikan atau tambahan pada LKPD IPA agar lebih sesuai dengan langkah-langkah dari model discovery learning dan lebih memfasilitasi peserta didik dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisis,kesesuaian,LKPD,pencemaran lingkungan,discovery learning.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Depositing User: S.Ptk Dami Damianus
Date Deposited: 25 Oct 2021 01:38
Last Modified: 25 Oct 2021 01:38
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4411

Actions (login required)

View Item View Item