Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Materi Pokok Hukum Newton Pada Peserta Didik Kelas VIIID Semester Ganjil SMP Negeri 6 Kota Kupang Tahun Ajaran 2017/2018

LAY, YAN EBIT GOGA (2018) Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Materi Pokok Hukum Newton Pada Peserta Didik Kelas VIIID Semester Ganjil SMP Negeri 6 Kota Kupang Tahun Ajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
COVER-ABSTRAK.pdf

Download (846kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (188kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (733kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (281kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (187kB)

Abstract

Model pembelajaran discoveryadalah suatu model pembelajaran yang melibatkan peserta didik secara aktif untuk memecahkan masalah yang diberikan guru hingga pada suatu kesimpulan. Permasalahan umum dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Hasil Penerapan Model Pembelajaran Discovery Materi Pokok Hukum Newton Pada Peserta Didik Kelas VIII D Semester Ganjil SMP Negeri 6 Kota Kupang Tahun Ajaran 2017/2018?” Secara khusus adalah: 1). Bagaimana kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran discovery? 2)Bagaimana ketuntasan indikator hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran discovery? 3)Bagaimana ketuntasan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran discovery? 4)Bagaimana respon peserta didik dalam pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran discovery? Berdasarkan masalah tersebut, maka tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah “Mendeskripsikan hasil penerapan model pembelajaran discovery materi pokok Hukum Newton Pada Peserta Didik Kelas VIII D Semester Ganjil SMP Negeri 6 Kota Kupang Tahun Ajaran 2017/2018” Secara khusus adalah: 1) Mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran discovery. 2) Mendeskripsikan ketuntasan indikator hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran discovery. 3) Mendeskripsikan ketuntasan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran discovery. 4) Mendeskripsikan respon peserta didik dalam pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran discovery. Jenis penelitianini adalah deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII D SMP Negeri 6 Kota Kupang yang berjumlah 29 orang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi, tes dan angket. Perangkat pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Bahan Ajar Peserta Didik, Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Lembar Kerja Peserta Didik dan Kisi-Kisi Tes Hasil Belajar sedangkan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lembar Pengamatan Pengelolaan Pembelajaran, Tes Hasil Belajar (Produk, Afektif dan Psikomotor), Lembar Penilaian aspek Afektif dan Psikomotor dan Lembar Isian Respon Peserta Didik. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest-posttest desain dan teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif (dengan menghitung skor rata-rata, proporsi dan persentase). Berdasarkan hasil analisis data dikatakan bahwa secara umum kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran discovery yang meliputi perencanaan perangkat pembelajaran memperoleh skor rata-rata 3, 87, pelaksanaan pembelajaran memperoleh skor rata-rata 3,82dan perencanaan evaluasi pembelajaran memperoleh skor rata-rata 4,00adalah termasuk dalam kategori baik. Indikator hasil belajar kognitif memperoleh proporsi rata-rata 0,80, indikator hasil belajar afektif memperoleh proporsi rata-rata 0,88 dan indikator hasil belajar psikomotor memperoleh proporsi rata-rata 0,88 termasuk kategorituntas. Hasil belajar kognitif memperoleh proporsi rata-rata 0,92, hasil belajar afektif memperoleh proporsi rata-rata 0,88, hasil belajar psikomotor memperoleh proporsi rata-rata 0,88 adalahtermasuk kategori tuntas. Respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran discoverymemperoleh persentase rata-rata 98% berada dalam kategori sangat baik. Berdasarkan uraian di atas, dikemukakan bahwa penerapan Model Pembelajaran Discovery Pada Materi Pokok Hukum NewtonPada Peserta Didik Kelas VIII D Semester Ganjil SMP Negeri 6 Kota KupangTahun Ajaran 2017/2018adalah optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Model pembelajaran Discovery Learning, Hukum Newton, Deskriptif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: SH Yakobus Naben
Date Deposited: 25 Oct 2021 02:21
Last Modified: 25 Oct 2021 02:21
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4415

Actions (login required)

View Item View Item