“Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Kimia Pada Materi Pokok Ikatan Kimia Dengan Menerapkan Pendekatan Discovery Learning Pada Peserta Didik Kelas X SMA Muhammadiyah Kupang Tahun Ajaran 2017/2018”

SEKO, Bruno Yosep Mario (2018) “Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Kimia Pada Materi Pokok Ikatan Kimia Dengan Menerapkan Pendekatan Discovery Learning Pada Peserta Didik Kelas X SMA Muhammadiyah Kupang Tahun Ajaran 2017/2018”. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (157kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (64kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (303kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (674kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (40kB)

Abstract

Pendekatan Discovery Learning merupakan pendekatan yang mengatur sedemikian rupa bagaimana peserta didik memperoleh pengetahuan yang belum diketahuinya dengan cara yang penuh kemandirian. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana efektifitas penerapan pendekatan discovery learning terhadap hasil belajar kimia pada materi ikatan kimia kelas X SMA Muhammadiyah Kupang tahun ajaran 2017/2018? (2) Bagaimana kecerdasan emosional speserta didik kelas X SMA Muhammadiyah Kupang tahun ajaran 2017/2018? (3)Bagaimana motivasi belajar peserta didik kelas X Muhammadiyah SMA Muhammadiyah Kupang tahun ajaran 2017/2018? (4) Adakah hubungan kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik yang menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok ikatan kimia peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah Kupang tahun ajaran 2017/2018? (5) Adakah pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap hasil belajar kimia yang menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok ikatan kimia peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah Kupang tahun ajaran 2017/2018? Tujuan utama penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui efektifitas penerapan pendekatan discovery learning terhadap hasil belajar kimia pada materi pokok ikatan kimia peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah Kupang tahun ajaran 2017/2018 (2) Untuk mengetahui kecerdasan emosional peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah Kupang tahun ajaran 2017/2018 (3) Untuk mengetahui motivasi belajar peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah Kupang tahun ajaran 2017/2018 (4) Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap hasil belajar kimia yang menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok ikatan kimia peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah Kupang tahun ajaran 2017/2018 (5) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap hasil belajar kimia yang menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok ikatan kimia peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah Kupang tahun ajaran 2017/2018. Dari Analisis data diperoleh: (1) Penerapan pendekatan Discovery Learning efektif pada materi pokok ikatan kimia peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah Kupang (2) Kecerdasan Emosional kelas X SMA Muhammadiyah Kupang termasuk dalam kategori baik dengan rata-rata ketuntasan angket kecerdasan emosional sebesar 73,52 (3) motivasi belajar siswa kelas X SMA Muhammadiyah Kupang termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 80,88 (4) Adanya hubungan antara kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik yang menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok ikatan kimia siswa kelas X SMA Muhammadiyah Kupang tahun ajaran 2017/2018 yang ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi (rx1x2y) = 0,947 dan nilai koefisien determinansi (D) = 89,7%, serta nilai F ≥ F atau 96,317 ≥ 3,44 (5) Adanya pengaruh antara kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap hasil belajar yang menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok ikatan kimia peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah Kupang tahun ajaran 2017/2018, dengah hasil penelitian menunjukan pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik diterangkan oleh persamaan regresinya Ŷ = 22,467 + 0,47 (X1) + 0,36 (X2).dan nilai F hitung ≥ F tabel atau 96,31 ≥ 3,44.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional, Motivasi Belajar, Pendekatan Discovery Learning, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Ptk Dami Damianus
Date Deposited: 21 Oct 2019 00:46
Last Modified: 21 Oct 2019 00:46
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/444

Actions (login required)

View Item View Item