Pengaruh Rasa Ingin Tahu Dan Kemampuan Evaluasi Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Pokok Hidrolisis Garam Dengan Menerapkan Pendekatan Pembelajaran Discovery Learning Peserta Didik Kelas XI IPA 4 SMA Negeri 2 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018

RIMA, Maria Sumiati Rosari (2018) Pengaruh Rasa Ingin Tahu Dan Kemampuan Evaluasi Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Pokok Hidrolisis Garam Dengan Menerapkan Pendekatan Pembelajaran Discovery Learning Peserta Didik Kelas XI IPA 4 SMA Negeri 2 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (219kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (147kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (376kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (299kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (432kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (171kB)

Abstract

Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan discovery learning pada dasarnya mengacu pendapat Piaget yang menyatakan bahwa anak harus berperanan secara aktif di dalam belajar di kelas. Untuk itu Bruner memakai cara dengan apa yang disebutnya discovery learning. Prosedur ini mendorong peserta didik untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran, baik itu mengenai konsepkonsep maupun prinsip-prinsip. Guru mendorong peserta didik agar terlibat dalam pembelajaran yang memberikan pengalaman sehingga peserta didik menemukan prinsip-prinsip untuk diri mereka sendiri. Masalah pokok dalam penelitian ini (1) Bagaimana efektifitas penerapan pendekatan discovery learning pada materi pokok hidrolisis garam pada kelas XI IPA 4 SMA Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 ? (2) Bagaimana rasa ingin tahu peserta didik kelas XI IPA 4 SMA Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2017/2018?(3) bagaimana kemampuan evaluasi peserta didik kelas XI IPA 4 SMA Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2017/ 2018? (4) Adakah hubungan rasa ingin tahu peserta didik terhadap hasil belajar dengan menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok hidrolisis garam peserta didik kelas XI IPA 4 SMA Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2017/2018? (5) Adakah pengaruh rasa ingin tahu dan kemampuan evaluasi terhadap hasil belajar dengan menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok hidrolisis garam peserta didik kelas XI IPA 4 SMA Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2017/2018? Tujuan utama penelitian ini (1) Untuk mengetahui efektifitas penerapan pendekatan discovery learning pada materi pokok hidrolisis garam pada peserta didik kelas XI IPA 4 SMA Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 (2) Untuk mengetahui rasa ingin tahu peserta didik kelas XI IPA 4 SMA Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2017/2018 (3) Untuk mengetahui bagaimana kemampuan evaluasi peserta didik kelas XI IPA 4 SMA Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2017/ 2018 (4) untuk mengetahui hubungan rasa ingin tahu peserta didik terhadap hasil belajar dengan menerapkan pendekatan pembelajaran discovery learning pada materi pokok hidrolisis garam peserta didik kelas XI IPA 4 SMA Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 (5) Untuk mengetahui pengaruh rasa ingin tahu dan kemampuan evaluasi terhadap hasil belajar dengan menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok hidrolisis garam peserta didik kelas XI IPA 4 SMA Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2017/2018. Dari analisis data diperoleh : (1) Penerapan pendekatan discovery learning efektif pada materi pokok hidrolisis garam pada peserta didik kelas XI IPA 4 SMA Negeri 2 Kupang (2) rasa ingin tahu peserta didik kelas XI IPA 4 SMA Negeri 2 Kupang berada pada kategori baik dengan presentasi 77,7 % (3) Kemampuan evaluasi peserta didik kelas XI IPA 4 SMA Negeri 2 Kupang berada pada kategori baik dengan nilai rata-rata tes kemampuan evaluasi sebesar 76,6 (4) Ada hubungan antara rasa ingin tahu dan kemampuan evaluasi terhadap hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok hidrolisis garam peserta didik kelas XI IPA 4 SMA Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2017/2018 dengan korelasi ganda diperoleh nilai rx1x2y = 0,917 (5) Ada pengaruh antara rasa ingin tahu dan kemampuan evaluasi terhadap hasil belajar dengan penerapan pendekatan discovery learning pada meteri pokok hidrolisis garam peserta didik kelas XI IPA 4 SMA Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2017/2018 dengan persamaan garis regresi ganda �� = 17,389 + 0,345�1 + 0,517�2.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Rasa Ingin Tahu, Kemampuan Evaluasi, Hasil Belajar , Pendekatan Discovery Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Ptk Dami Damianus
Date Deposited: 21 Oct 2019 01:12
Last Modified: 21 Oct 2019 01:12
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/447

Actions (login required)

View Item View Item