Komparasi Hasil Belajar Siswa Pada Berbagai Tipe Gaya Kognitif Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Bassed Learning) Pada Materi Pokok Sistem Koloid Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri I Taebenu Tahun Ajaran 2016/2017

NAU, Ozem (2017) Komparasi Hasil Belajar Siswa Pada Berbagai Tipe Gaya Kognitif Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Bassed Learning) Pada Materi Pokok Sistem Koloid Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri I Taebenu Tahun Ajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (755kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (226kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (408kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (491kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (200kB)

Abstract

Gaya kognitif dapat dikatakan sebagai cara siswa untuk menangkap informasi, mengolah informasi dan mengeksekusi informasi dalam sebuah tindakan atau perilaku ketika proses belajar berlangsung yang dilakukan siswa tersebut secara konsisten dimana gaya tersebut akan terus melekat dengan tingkat konsistensi yang tinggi akan mempengaruhi perilaku dan aktivitas individu baik secara langsung maupun tidak langsung. Jadi, setiap individu memiliki gaya kognitif yang berbeda dalam memproses informasi atau menghadapi suatu tugas dan masalah. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM) merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat memberikan kondisi belajar aktif kepada siswa untuk memecahkan suatu masalah melalui tahap-tahap metode ilmiah, sehingga peserta didik dapat mempelajari pengetahuan yang berhubungan dengan masalah tersebut, dan sekaligus memiliki keterampilan untuk memecahkan masalah. Masalah utama dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana efektifitas pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) materi pokok sistem koloid siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Taebenu tahun pelajaran 2016/2017? 2) Bagaimanakah gaya kognitif yang dimiliki oleh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Taebenu? 3) Adakah perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa pada berbagai gaya kognitif dalam pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) materi pokok sistem koloid siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Taebenu tahun pelajaran 2016/2017? Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui efektifitas pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) materi pokok sistem koloid siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Taebenu tahun pelajaran 2016/2017. (2) Mendeskripsikan gaya kognitif yang dimiliki oleh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Taebenu tahun pelajaran 2016/2017. (3) Mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa pada berbagai gaya kognitif dalam pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) materi pokok sistem koloid siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Taebenu tahun pelajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Taebenu berjumlah 50 orang. Jenis penelitian deskriptif dan komparatif. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) Efektifitas pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) a) Kemampuan guru dalam mengelola pelaksanaan pembelajaran termasuk kategori baik dengan skor rata-rata sebesar 3,88. b) Ketuntasan indikator hasil belajar meliputi keempat aspek: Ketuntasan hasil belajar KI-1 sebesar 83 untuk kelas XI IPA 1 dan 85 untuk kelas XI IPA 2, ketuntasan hasil belajar KI-2 sebesar 84 untuk kelas XI IPA 1 dan 81 untuk kelas XI IPA 2, ketuntasan hasil belajar KI-3 sebesar 81 untuk kelas XI IPA 1 dan 83 untuk kelas XI IPA 2, ketuntasan hasil belajar KI-4 sebesar 83 untuk kelas XI IPA 1 dan 97 untuk kelas XI IPA 2. (2) Gaya kognitif yang dimiliki oleh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Taebenu tahun pelajaran 2016/2017 sebayak 50 orang siswa adalah 54% dari 50 siswa memiliki gaya kognitif field Independent (FI) dan 46% dari 50 siswa memiliki gaya kognitif field dependent (FD). (3) Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang memiliki gaya kognitif field Independent dan siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent dalam pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran berbasis masalah materi pokok sistem koloid siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Taebenu tahun pelajaran 2016/2017 dengan hasil uji t-test dengan harga tabel untuk dk = n1 + n2 – 2 = 27 + 23 – 2 = 48 adalah 2,021 sehingga dapat disimpulkan bahwa thitung ≥ ttable, atau 6,45 ≥ 2,021 Dengan melihat bahwa adanya perbedaan hasil belajar siswa pada berbagai tipe gaya kognitif maka perlu diperhatikan dengan baik bagaimana tipe gaya kognitif seorang siswa agar dalam proses pembelajaran dapat menyeyesuaikan dengan gaya kognitif yang dimiliki oleh siswa. Model pembelajaran berbasis masalah (MPBM) juga memberi hasil yang sangat baik bagi hasil belajar siswa, oleh karena itu model ini biasa diterapkan pada materi-materi pembelajaran dengan karakteristik yang sesui dengan model pembelajaran tersebut yang akan diajarkan oleh guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Depositing User: Antonia M. Ngole
Date Deposited: 28 Oct 2021 04:04
Last Modified: 28 Oct 2021 04:04
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4475

Actions (login required)

View Item View Item