Pengaruh Kejujuran Dan Kemampuan Sintesis Terhadap Hasil Belajar Kimia Dengan Menerapkan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Materi Larutan Penyangga Kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 6 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018

RUING, Fransiska Rovita (2018) Pengaruh Kejujuran Dan Kemampuan Sintesis Terhadap Hasil Belajar Kimia Dengan Menerapkan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Materi Larutan Penyangga Kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 6 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (534kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (141kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (290kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (443kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (178kB)

Abstract

Kejujuran merupakan perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan. Kemampuan sintesis merupakan kumpulan dari bagian dan unsur kelas, kategori, dan subkategori secara bersama-sama menjadi landasan yang membentuk keutuhan. Pendekatan Inkuiri terbimbing merupakan suatu rangkaian kegiatan belajar yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan peserta didik untuk mencari dan menyelidiki secara sistematis, kritis, logis, analitis, sehingga mereka dapat merumuskan sendiri penemuannya dengan penuh percaya diri. Pembelajaran dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada dasarnya mengacu pada teori kontruktivisme, dimana peserta didik harus menemukan sendiri, guru tidak hanya mentransfer pengetahuan yang telah dimilikinya melainkan membantu peserta didik untuk membentuk pengetahuannya.Proses pembelajaran dengan pendekatan inkuiri terbimbing dirancang sedemikian rupa agar peserta didik aktif dalam pembelajaran melalui tahapan-tahapan identifikasi dan klasifikasi masalah, rumusan masalah, mengumpulkan data, menganalisis data, dan mengambil kesimpulan. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana efektifitas penerapan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok larutan penyangga pada peserta didik kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 6 Kupang tahun pelajaran 2017/2018? (2) Bagaimana Kejujuran peserta didik kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 6 Kupang tahun pelajaran 2017/2018? (3) Bagaimana Kemampuan Sintesis peserta didik kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 6 Kupang tahun pelajaran 2017/2018? (4) Adakah hubungan Kejujuran dan Kemampuan Sintesis dengan hasil belajar dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok larutan penyangga pada peserta didik kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 6 Kupang tahun pelajaran 2017/2018? (5) Adakah pengaruh Kejujuran dan Kemampuan Sintesis terhadap hasil belajar dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok larutan penyangga kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 6 Kupang tahun pelajaran 2017/2018? Tujuan utama dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui efektifitas penerapan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok larutan penyangga pada peserta didik kelas X1 MIPA 2 SMA Negeri 6 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 (2) Mengetahui Kejujuran peserta didik kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 6 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 (3) Mengetahui Kemampuan Sintesis peserta didik kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 6 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 (4) Mengetahui ada tidaknya hubungan Kejujuran dan Kemampuan Sintesis dengan hasil belajar dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok larutan penyangga pada peserta didik kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 6 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 (5) Mengetahui ada tidaknya pengaruh Kejujuran dan Kemampuan Sintesis terhadap hasil belajar dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok larutan penyangga pada peserta didik kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 6 Kupang tahun pelajaran 2017/2018. Dari analisis data diperoleh : (1) Penerapan pendekatan inkuiri terbimbing efektif materi pokok larutan penyangga pada peserta didik kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 6 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 (2) Kejujuran peserta didik kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 6 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 termasuk dalam kategori baik dengan rata-rata persentase sebesar 84% (3) Kemampuan Sintesis peserta didik kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 6 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 termasuk dalam kategori baik dengan rata-rata nilai Kemampuan Sintesis sebesar 81,8 (4) Ada hubungan antara Kejujuran dan Kemampuan Sintesis terhadap hasil belajar dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok larutan penyangga pada peserta didik kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 6 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 dengan koefisien korelasi ������ = 0,893 (5) Ada pengaruh antara Kejujuran dan Kemampuan Sintesis terhadap hasil belajar dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok larutan penyangga pada peserta didik kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 6 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 dengan persamaan regresi ganda Yˆ = 27,574 + 0,275 X1 + 0,419 X2.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kejujuran, Kemampuan Sintesis, Pendekatan Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar Peserta Didik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Ptk Dami Damianus
Date Deposited: 21 Oct 2019 01:17
Last Modified: 21 Oct 2019 01:17
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/448

Actions (login required)

View Item View Item