Evaluasi Dampak Perilaku Lawan Arus Terhadap Risiko Kecelakaan (Studi Kasus: Persimpangan Jl. San Juan Penfui Kupang)

DUAN, Yulius (2021) Evaluasi Dampak Perilaku Lawan Arus Terhadap Risiko Kecelakaan (Studi Kasus: Persimpangan Jl. San Juan Penfui Kupang). Undergraduate thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
FILE ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (425kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (479kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (675kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (894kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (161kB)

Abstract

Persimpangan Jalan San Juan merupakan persimpangan tak bersinyal yang memungkinkan terjadi berbagai macam konflik dengan risiko kecelakaan yang diakibatkan oleh pergerakan (manuver) pengendara di sembarang persimpangan jalan terutama lawan arah arus kendaraan. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian atau evaluasi mengenai perilaku lawan arus tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis dan jumlah konflik, besarnya situasi beresiko kecelakan serta solusi dalam mengendalikan situasi beresiko tersebut. Berdasarkan hasil analisa dapat disimpulkan bahwa jenis dan jumlah konflik yang diperoleh dari lokasi 1 dan 2 yaitu jenis kendaraan Roda Dua (MC), Kendaraan Ringan (LV), dan Kendaraan Berat (HV), persentase lokasi 1 konflik antara MC vs MC = 26,92%, MC vs LV = 15,38%, MC vs HV = 9,62%, LV vs LV = 17,31%, LV vs HV = 3,85%, LV vs MC = 13,46%, HV vs HV = 7,69%, HV vs MC = 3,8%, HV vs LV = 1,92%, persentase terbesar lokasi 1 yaitu MC vs MC dengan nilai persentase 26,92% dan terendah HV vs LV sebesar 1,92%. Persentase konflik terbesar lokasi 2 yaitu MC vs MC sebesar 46,67% dan terendah MC vs LV sebesar 6,67%. Dari jenis dan jumlah konflik yang diperoleh dari lokasi 1 dan 2, maka terdapat beberapa tindakan pengemudi saat situasi konflik. Besarnya situasi konflik dilihat dari tindakan atau perilaku pengendara yaitu, tindakan menghindar pada lokasi 1 sebesar 23,08%, pengereman 63,46% dan mempercepat 13,46%. Pada lokasi 2 pensentase tindakan menghindar 33,33%, pengereman 53,33% dan mempercepat 13,33%. Solusi yang bisa diberikan untuk mengurangi perilaku lawan arus maupun beberapa pergerakan (Manuver) yang dapat menyebabkan konflik, yaitu perlu mengadakan papan yang bertuliskan larangan sehingga ada kesadaran bagi para pengendara, selain itu ada penindakan langsung bagi pelanggaran aturan berlalu lintas secara tegas dan transparan, serta melakukan sosialisasi mengenai pentingnya kesadaran akan keselamatan berlalu lintas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Persimpangan, Jenis dan Jumlah Konflik, Situasi Konflik, Solusi
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: S.Ptk Hendra Silvester
Date Deposited: 28 Oct 2021 04:33
Last Modified: 28 Oct 2021 04:33
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4489

Actions (login required)

View Item View Item