Tanggung Jawab Pt.Pos Indonesia Cabang Kupang Sebagai Perusahaan Ekspedisi Terhadap Kerusakan Barang Angkutan Darat

SADIPUN, Mario Waru (2020) Tanggung Jawab Pt.Pos Indonesia Cabang Kupang Sebagai Perusahaan Ekspedisi Terhadap Kerusakan Barang Angkutan Darat. Undergraduate thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (256kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (445kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (549kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (692kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (436kB)

Abstract

Sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa pengangkutan barang, PT.POS Indonesia telah menerima titipan suatu barang dari orang atau perusahaan yaitu pihak pengirim, PT. POS Indonesia selanjutnya bertanggung jawab untuk menyelenggarakan pengangkutan dengan selamat. Artinya bahwa pihak pengangkut, yaitu PT. POS Indonesia bertanggung jawab atas keselamatan barang dan keamanan barang yang harus diangkutnya, mulai saat diterimanya hingga saat diserahkannya barang tersebut ke tangan penerima. Serta apabila dalam pengangkutan barang tersebut berjalan tidak selamat, misalnya barang tersebut mengalami kerugian akibat kehilangan, kerusakan atau keterlambatan dalam pengirimannya, maka hal ini juga menjadi tanggung jawab pengangkut. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana tanggungjawab PT. POS Indonesia cabang kupang sebagai perusahaan ekspedisi terhadap kerusakan barang angkutan darat; (2)Hambatan yang dihadapi oleh PT POS Indonesia cabang kupang sebagai perusahaan ekspedisi terhadap kerusakan barang angkutan darat; Penelitian termasuk dalam penelitian Hukum Empiris dengan menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis. Dalam penelitian ini,peneliti menggunakan tehnik pengumpulan data dan sumber yang telah ada. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa bentuk Tanggung jawab PT.POS Indonesia dalam melakukan pelaksanaannya adalah ganti rugi terhadap kerusakan Adapun faktor penghambat yang menyebabkan terjadinya keterlambatan atau kerusakan barang melalui ekspedisi pada PT.POS Indonesia cabang kupang yaitu berupa cuaca buruk, berupa kecelakaan lalu lintas, kurang siapnya kondisi armada yang digunakan sebagai alat pengangkut darat, kurang bagusnya dalam pembungkusan barang atau paket yang mengakibatkan keurusakan barang, faktor sumber daya manusia seperti kurang profesionalnya atau kurang disiplinnya karyawan. Simpulan dari penelitian ini. (1) tanggung jawab PT.POS Indonesia apabila terjadi kerusakan pada barang maka PT. POS Indonesia akan mengganti dan bertanggung jawab atas barang-barang yang diangkutnya dan jika barang tersebut rusak dan diketahui setelah barang tersebut diterima oleh pihak penerima maka barang tersebut akan dibawa oleh supir dan dilaporkan ke perusahaan. Selanjutnya barang tersebut diganti dan dikirimkan kembali ke penerima dengan ongkos angkut ditanggung oleh PT.POS Indonesia. adalah (2) Dalam melakukan pengiriman barang PT POS Indonesia mengalamai beberapa hambatan, hambatanhambatan yang dihadapi antara lain berupa faktor alam, kecelakaan, sumber daya manusia, kurang sempurnanya pembungkusan dan juga faktor keamanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Program Studi Hukum
Depositing User: S.Pd Florentina Wenggu
Date Deposited: 26 Oct 2021 02:45
Last Modified: 26 Oct 2021 02:45
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4495

Actions (login required)

View Item View Item