Profil Konsep Diri Siswa Dan Implikasinya Bagi Program Bimbingan Pribadi (Studi Deskriptif Kuantitatif Terhadap Siswa Kelas VIIIA SMP Angkasa Kupang Tahun Pelajaran 2019/2020)

PERING, Jakob Adi Kurniawan (2020) Profil Konsep Diri Siswa Dan Implikasinya Bagi Program Bimbingan Pribadi (Studi Deskriptif Kuantitatif Terhadap Siswa Kelas VIIIA SMP Angkasa Kupang Tahun Pelajaran 2019/2020). Undergraduate thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (238kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (24kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (489kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (21kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian; 1)Bagaimana profil konsep diri siswa kelas VIIIA SMP Angkasa Kupang tahun pelajaran 2019/2020?, 2) Apa implikasinya bagi pengembangan program bimbingan pribadi di SMP Angkasa Kupang tahun pelajaran 2019/2020?. Tujuan penelitian ini: 1) Untuk mengetahui profil konsep diri Siswa kelas VIIIA SMP Angkasa Kupang tahun pelajaran 2019/2020, 2) Untuk mengetahui implikasi dari profil konsep diri siswa bagi pengembangan program bimbingan pribadi pada siswa kelas VIIIA SMP Angkasa Kupang tahun pelajaran 2019/2020. Metode penelitian adalah deskriptif kuantitatif, teknik pengumpulan data menggunakan angket konsep diri dan teknik analisis data menggunakan rumus kecenderungan pusat. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa rata-rata populasi konsep diri siswa kelas VIIIA SMP Angkasa Kupang tahun pelajaran 2019/2020 sebesar 88 berada pada rentangan skor 62-88 termasuk kategori sedang. Sementara hasil analisis setiap aspek sebagai berikut; aspek konsep diri fisik rata-rata populasi sebesar 21 berada pada rentangan skor 15-21 termasuk kategori sedang, aspek konsep diri pribadi rata-rata populasi sebesar 23 berada pada rentangan skor 19-24 termasuk kategori tinggi, aspek konsep diri etika-moral; rata-rata populasi sbesar 28 berada pada rentangan skor 21-28 termasuk kategori sedang, dan aspek konsep diri sosial; rata-rata populasi sebesar 19 berada pada rentangan skor 17-24 termasuk kategori sedang. Bedasarkan interpretasi hasil analisis data penelitian di atas maka peneliti mengajukan saran kepada pihak-pihak yang terkait; 1) Kepala sekolah, hendaknya terus mendukung pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah khususnya layanan bimbingan pribadi untuk mengatasi masalah konsep diri siswa yang negatif. 2) Guru BK, hendaknya berperan aktif dan secara continue melaksanakan layanan bimbingan pribadi untuk membantu siswa yang memiliki konsep diri negatif. 3) Guru mata pelajaran, hendaknya mendukung program bimbingan dan konseling dan memberikan informasi kepada guru bimbingan dan konseling tentang siswa yang memiliki masalah, khususnya masalah konsep diri untuk dibantu dengan layanan bimbingan pribadi. 4) Siswa, diharapkan untuk memanfaatkan layanan bimbingan pribadi yang ada di sekolah sebagai sarana untuk mengatasi masalah konsep diri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 26 Oct 2021 05:35
Last Modified: 26 Oct 2021 05:35
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4539

Actions (login required)

View Item View Item