Profil Proses Berpikir Siswa Smp Dalam Pemecahan Masalah Matematika Non Rutin Berdasarkan Langkah Polya

JUNUS, Inggrit Anggriyani (2020) Profil Proses Berpikir Siswa Smp Dalam Pemecahan Masalah Matematika Non Rutin Berdasarkan Langkah Polya. Undergraduate thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (568kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (164kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (421kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (170kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa SMPK Muder Teresa dalam pemecahan masalah matematika non rutin berdasarkan langkah polya. Subjek penelitian terdiri atas tiga siswa SMPK Muder Teresa yaitu satu siswa berkamampuan matematika tinggi, satu siswa berkemampuan matematika sedang dan satu siswa berkemampuan matematika rendah. Proses berpikir dalam tes pemecahan masalah matematika terdiri dari empat tahap, yaitu: memahami masalah, membuat rencana pemecahan masalah, melaksanakan rencana pemecahan masalah, dan memeriksa kembali hasil. Pengambilan data dilakukan melalui pemberian tes pemecahan masalah matematika (TPM) dan wawancara setelah subjek menyelesaikan TPM. Untuk menguji kredibilitas data dilakukan dengan triangulasi waktu. Analisis data dilakukan dalam tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data dan penyimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan kemampuan matematika tinggi dapat melakukan keempat tahap proses tes pemecahan masalah matematika. Subjek dengan kemampuan matematika sedang hanya dapat melewati tiga tahap proses tes pemecahan masalah matematika yaitu tahap memahami masalah, membuat rencana pemecahan masalah, dan melaksanakan rencana pemecahan masalah. Sedangkan subjek dengan kemampuan matematika rendah hanya dapat melewati tahap memahami masalah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: proses berpikir, pemecahan masalah, masalah non rutin, langkah polya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: ST.,MM Inggrit Junita Palang Ama
Date Deposited: 27 Oct 2021 01:37
Last Modified: 27 Oct 2021 01:37
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4545

Actions (login required)

View Item View Item