Upaya Pemahaman Konsep Materi Pokok Termokimia Dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Peserta Didik Kelas Xi Ipa 6 Semester Ganjil Tahun Ajaran 2019/2020 SMA Negeri 2 Kupang Berdasarkan Praktek Pengalaman Lapangan

NGAMAL, Elisabet (2020) Upaya Pemahaman Konsep Materi Pokok Termokimia Dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Peserta Didik Kelas Xi Ipa 6 Semester Ganjil Tahun Ajaran 2019/2020 SMA Negeri 2 Kupang Berdasarkan Praktek Pengalaman Lapangan. Undergraduate thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (333kB)
[img] Text
BAB I PDF.pdf

Download (37kB)
[img] Text
BAB II PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] Text
BAB III PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] Text
BAB IV PDF.pdf

Download (25kB)

Abstract

Pendekatan Inkuiri Terbimbing adalah Pendekatan yang dalam pelaksanaannya guru memberikan atau menyediakan petunjuk atau bimbingan yang luas terhadap peserta didik. Pendekatan inkuiri dirancang untuk mengajak siswa secara langsung kedalam proses ilmiah dalam waktu yang relatif singkat. Implementasi Pendekatan inkuiri terbimbing menekankan pada aktivitas siswa secara maksimal untuk melatih keterampilan berpikir kritis. Pendekatan inkuiri terbimbing merupakan model pembelajaran yang berpusat pada siswa. Masalah pokok dalam penulisan ini adalah (1) Bagaimana penerapan Pendekatan Inkuiri Terbimbing pada materi pokok Termokimia dapat memaksimalkan pemahaman konsep pada peserta didik di kelas XI IPA 6 SMA Negeri 2 Kupang? (2) Bagaiamana pemahaman konsep materi Termokimia peserta didik di kelas XI IPA 6 SMA Negeri 2 Kupang? (3)Bagaiamana upaya atau solusi untuk memaksimalkan pemahaman konsep materi Termokimia peserta didik di kelas XI IPA 6 SMA Negeri 2 Kupang? Tujuan utama penulisan ini adalah (1) Mengetahui penerapan Pendekatan Inkuiri Terbimbing pada materi pokok Termokimia dapat memaksimalkan pemahaman konsep pada peserta didik di kelas XI IPA 6 SMA Negeri 2 Kupang. (2) Mengetahui pemahaman konsep materi Termokimia peserta didik di kelas XI IPA 6 SMA Negeri 2 Kupang. (3) Mengetahui upaya atau solusi untuk memaksimalkan pemahaman konsep materi Termokimia peserta didik di kelas XI IPA 6 SMA Negeri 2 Kupang. Metode yang digunakan dalam pengkajian tentang upaya pemahaman konsep peserta didik dalam penerapan Pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok termokimia XI MIPA berdasarkan praktek pengalaman lapangan (PPL) makalah ilmiah ini adalah data deskriptif kualitatif. Berdasarkan pembahasan dapat disimpulkaan bahwa (1) Penerapan Pendekatan Inkuiri Terbimbing pada materi pokok Termokimia dapat memaksimalkan pemahaman konsep pada peserta didik di kelas XI IPA 6 SMA Negeri 2 Kupang.(2) Pemahaman konsep materi Termokimia peserta didik di kelas XI IPA 6 SMA Negeri 2 Kupang meningkat dengan penerapan Pendekatan inkuiri terbimbing. (3) Ada upaya atau solusi yang didapatkan untuk memaksimalkan pemahaman konsep materi Termokimia peserta didik di kelas XI IPA 6 SMA Negeri 2 Kupang yakni: (1) Guru harus memberikan materi sebaik mungkin (2) Bahasa yang digunakan pada saat menjelaskan materi tidak terbelit-belit (3) Gunakan media pembelajaran (4) Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya (5) Memberikan tugas rumah kepada peserta didik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman konsep, inkuiri terbimbing,Metode,Praktek Pengalaman Lapangan (PPL).
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: ST.,MM Inggrit Junita Palang Ama
Date Deposited: 17 Sep 2021 02:26
Last Modified: 17 Sep 2021 02:26
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4552

Actions (login required)

View Item View Item