Studi Tentang Model Guided Discovery Learning Dan Model Guided Inquiry Learning Dalam Pembelajaran Matematika

BORU, Mariana Sanita (2020) Studi Tentang Model Guided Discovery Learning Dan Model Guided Inquiry Learning Dalam Pembelajaran Matematika. Undergraduate thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (272kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (277kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (296kB)

Abstract

Makalah ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan model guided discovery learning dan model guided inquiry learning dalam pembelajaran matematika. Model guided discovery learning merupakan model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menyusun, memproses, mengorganisir suatu data yang diberikan guru. Selanjutnya model guided inquiry learning menekankan pada keterlibatan peserta didik secara maksimal dalam proses kegiatan pembelajaran, keterarahan kegiatan secara logis dan sistematis pada tujuan pembelajaran, dan mengembangkan sikap percaya diri peserta didik tentang apa yang ditemukan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil kajian, terdapat perbedaan dari kedua model ini yaitu pada model guided inquiry learning menekankan kepada pengembangan aspek kognitif, afektif dan psikomotor secara seimbang sedangkan pada model guided discovery learning cenderung lebih menekankan pada aspek kognitif dibandingkan dengan aspek afektif dan psikomotor. Hal ini dikarenakan pada model guided discovery learning kegiatan pengajarannya dibimbing oleh pendidik dari awal penyajian masalah hingga membuat keputusan sedangkan pada model guided inquiry learning kegiatan belajar benar-benar berfokus pada anak didik dan guru hanya meberikan bantuan seperlunya sehingga anak didik diharuskan agar berpikir memecahkan masalah dengan cara mereka sendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: ST.,MM Inggrit Junita Palang Ama
Date Deposited: 27 Oct 2021 02:21
Last Modified: 27 Oct 2021 02:21
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4559

Actions (login required)

View Item View Item