Peran Perangkat Desa Dalam Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa (Studi Kasus Pada Desa Hokeng Jaya Kecamatan Wulanggitang Kabupaten Flores Timur Tahun Anggaran 2020)

TETI, Agnes Da Montepulciano (2021) Peran Perangkat Desa Dalam Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa (Studi Kasus Pada Desa Hokeng Jaya Kecamatan Wulanggitang Kabupaten Flores Timur Tahun Anggaran 2020). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (593kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (442kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (429kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (685kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (472kB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran perangkat desa dalam akuntabilitas pengelolaan dana desa mulai dari perencanaan,pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan dan pertangunggjawaban di Desa Hokeng Jaya Kecamatan Wulanggitang Kabupaten Flores Timur tahun 2020 ? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peran perangkat dalam membantu proses perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan dan pertang unggjawaban di desa Hokeng Jaya Kecamatan Wulanggitang Kabupaten Flores Timur Tahun 2020. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 19 orang yang terdiri dari Kepala Desa, Sekretaris Desa, Kepala Seksi 3 orang, Kepala Urusan 3 orang, Kepala Dusun 2 orang, Ketua RT 7 orang, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM).yang terlibat dalam akuntabilitas pengelolaan dana desa. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa perangkat desa sudah berperan dalam akuntabilitas pengelolaan dana desa. Akuntabilitas pengelolaan dana desa dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban. Perangkat desa melakukan musyawarah untuk membahas Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa. Dalam pelaksanaan dana desa pengajuan pendanaan dana desa disertai dengan RAB dan bendahara desa melakukan pembayaran sesuai dengan RAB yang telah disetujui oleh Sekretaris desa. Dalam penatausahaan penerimaan dan pengeluaran kas yang dilakukan oleh bendahara desa, dilakukan menggunakan pembukuan yang dimasukan kedalam buku kas umum, buku pembantu pajak dan buku bank. Pelaporan dana desa meliputi dana yang digunakan dari tahap I, II, dan III. Dalam pertanggungjawaban perangkat desa mempertanggungjawabkan Laporan Realisasi Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa. Saran dari penelitian ini adalah (1) Perangkat desa selaku Bendahara Desa untuk mengkuti pelatihan-pelatihandemi meningkatkan keahlian dan pengetahuan yang sesuai dengan bidangnya agar dapat melaksanakan tugasnya dengan maksimal dan mandiri. (2) Perangkat desa harus lebih meningkatkan pengetahuannya dalam hal pengelolaan dana desa khususnya mengenai perencanaan, penggunaan, penatausahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peran Perangkat Desa, Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HJ Public Finance
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: S.KM Ustyn Ceme
Date Deposited: 28 Oct 2021 02:36
Last Modified: 28 Oct 2021 02:36
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4568

Actions (login required)

View Item View Item