Analisis Perencanaan Laba Pada CV. Perdanas di Kupang

TOKAN, Emerensiana (2020) Analisis Perencanaan Laba Pada CV. Perdanas di Kupang. Undergraduate thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (790kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (313kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (504kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (437kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (532kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (201kB)

Abstract

Masalah yang ditemukan dalam penelitian ini adalah volume penjualan yang menurun, hal ini dipengaruhi oleh laba yang mengalami penurunan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah:(1)berapa tingkat penjualan tempat tidur CV. Perdanas Kupang agar tidak memperoleh laba dan tidak mengalami kerugian (2) penjualan untuk mendapatkan laba maksimal pada CV. Perdanas Kupang mendapatkan laba maksimal. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat penjualan tempat tidur agar CV. Perdanas mencapai Break Even Point dan mengetahui banyaknya penjualan tempat tidur agar CV.Perdanas mendapatkan laba maksimal. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder, data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis Break Even Point (BEP) untuk mengetahui tingkat penjualan pada titik impas, menghitung target penjualan dan membuat perencanaan laba. Hasil analisis data menunjukan bahwa: (1) Nilai penjualan dari tahun 2016-2018 selalu berada di atas Break Even Point. Nilai penjualan tempat tidur tahun 2016 sebesar Rp 37.500.000 sedangkan nilai Break Even Point sebesar Rp 19.493.005 atau 13 unit tempat tidur dengan target penjualan sebesar Rp 45.740.771. Nilai penjualan tempat tidur tahun 2017 sebesar Rp 34.500.000 sedangkan nilai Break Even Point sebesar Rp 19.664.901 atau 13 unit tempat tidur dengan target penjualan sebesar Rp 46.201.411. Nilai penjualan tempat tidur tahun 2018 sebesar Rp 28.500.000 sedangkan nilai Break Even Point sebesar Rp 20.199.273 atau 14 unit tepat tidur dengan target penjualan sebesar Rp 47.407.593. (2) Margin kontribusi tahun 2016 sebesar Rp 21.440.000. Tahun 2017 sebesar Rp 19.528.000. Tahun 2018 sebesar Rp 15.722.000. (3) Margin Of Safety tahun 2016 sebesar Rp 34.638.750 atau 92,37%. Tahun 2017 sebesar Rp 26.023.350 atau 75,43%. Tahun 2018 sebesar Rp 8.299.200 atau 29,12%. (4) Perencanaan laba untuk tempat tidur tahun 2020 sebesar Rp 10.860.801 dengan volume penjualan sebesar Rp 39.874.637 atau 27 unit tempat tidur. Berdasarkan hasil analisis, disarankan perusahaan sebaiknya melakukan analisis titik impas yang dapat memberikan agar informasi biaya produk yang akurat, sehingga dapat mengetahui besarnya penjualan untuk mencapai laba yang diinginkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Break Even Point, Laba Maksimal, Target Penjualan dan Nilai Penjualan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: S.KM Ustyn Ceme
Date Deposited: 09 Nov 2021 03:19
Last Modified: 09 Nov 2021 03:19
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4594

Actions (login required)

View Item View Item