Analisis Kemampuan Matematika Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika

NALO, Yosep Jiwa (2020) Analisis Kemampuan Matematika Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika. Undergraduate thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK_COVER.pdf

Download (236kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (144kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (91kB)

Abstract

Penelitian ini berkaitan dengan analisis kemampuan matematika siswa dalam memecahkan masalah matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan matematika siswa kelas VII SMPK Muder Teresa Kupang tahun ajaran 2019/2020 dalam memecahkan masalah matematika bentuk soal cerita pokok bahasan perbandingan. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPK Muder Teresa Kupang. Penentuan subyek penelitian diperoleh melalui diskusi dengan guru mata pelajaran matematika sehingga didapat tiga orang siswa sebagai subyek dalam penelitian ini. Ketiga subyek tersebut diambil masing- masing satu orang dari setiap tingkat kemampuan matematika tinggi,sedang dan rendah. Pengumpulan data dilakukan melalui tes pemecahan masalah dan wawancara berdasarkan hasil tes pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan matematika siswa dalam memecahkan masalah matematika siswa SMPK Muder Teresa Kupang dalam memecahkan masalah matematika bentuk soal cerita pokok bahasan perbandingan adalah sebagai berikut: Siswa dengan kemampuan matematika tinggi mampu menyelesaikan masalah sesuai dengan langkah-langkah pemecahan masalah sehingga siswa dikatakan mampu memenuhi indikator pemecahan masalah. Siswa dengan kemampuan matematika sedang dalam menyelesaiakan masalah yang diberikan, dapat menyelesaikan soal pemecahan masalah berdasarkan langkah- langkah pemecahan masalah dengan baik sehingga siswa dikatakan mampu memenuhi indikator pemecahan masalah. Siswa dengan kemampuan matematika rendah mampu memahami masalah, melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali jawaban namun tidak mampu merencanakan penyelesaian, sehingga siswa dengan kemampuan matematika rendah dikatakan tidak mampu memenuhi indikator pemecahan masalah. . Berdasarkan hasil penelitian ini, sangat diharapkan dalam pembelajaran, siswa dalam menyelesaikan soal cerita, dibimbing oleh guru, khususnya mengikuti langkah pemecahan masalah. yaitu, memahami masalah, membuat rancangan pemecahan masalah, menyelesaikan masalah, dan mengecek kembali jawaban.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kemampuan matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: ST.,MM Inggrit Junita Palang Ama
Date Deposited: 12 Nov 2021 04:15
Last Modified: 12 Nov 2021 04:15
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4605

Actions (login required)

View Item View Item