Peran Dinas Pendidikan Dalam Memberdayakan Anak Disabilitas Di Kelurahan Satar Peot Kecamatan Borong Kabupaten Manggarai Timur (Studi Kasus Di Dinas Pendidikan Kab. Manggarai Timur)

DIANA, Gregoria Mega (2020) Peran Dinas Pendidikan Dalam Memberdayakan Anak Disabilitas Di Kelurahan Satar Peot Kecamatan Borong Kabupaten Manggarai Timur (Studi Kasus Di Dinas Pendidikan Kab. Manggarai Timur). Undergraduate thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
.COVER_ABSTRAK.pdf

Download (483kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (119kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (493kB)
[img] Text
BAB VI DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (232kB)

Abstract

Masalah pokok yang diteliti adalah Bagaimana Peran Dinas Pendidikan Dalam Memberdayakan Anak Disabilitas? Teori yang digunakan untuk menjawab permasalahan yakni teori pemberdayaan dari Ani Surwanti et all yang diukur dari empat aspek yaitu: (1) Motivasi anak disabilitas dengan indicator yaitu Meningkatkan Potensi/Kemampuan Dalam Diri Anak Disabilitas Dengan Berbagai Jenis Perlombaan dan Selalu Aktif dalam setiap unit kegiatan khusus anak disabilitas, (2) Adanya Dukungan Keluarga dengan indicator Pendekatan Orang Tua dan Anak dan Meluangkan waktu antara orang tua dan anak,(3) Kesesuaian antara minat dan kapasitas dengan indicator Pendataan Minat dan Bakat dan Mengembangkan Keterampilan/Kemampuan, Dan (4) Peralatan Dan Modal dengan indicator Bantuan Sosial berupa santunan uang, alat bantu jalan Dan Memberikan peralatan belajar. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif, sumber data yang diperoleh adalah data primer dan sekunder,metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan variable Motivasi Penyandang Disabilitas, Adanya dukungan keluarga,kesesuaian antara minat dan kapasitas dan Peralatan dan Modal. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Motivasi penyandang disabilitas yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan sudah berjalan baik yang mana anak disabilitas memiliki perubahan semangat belajar yaitu belajar menulis,membaca dan menghitung. (2)Adanya Dukungan Keluarga yaitu Dinas pendidikan meminta dukungan dari orang Tua berupa motivasi, Doa dan dorongan semangat belajar agar proses dapat belajar berjalan dengan baik, Dinas Pendidikan juga selalu membuka ruang bagi orang tua dan anak disabilitas untuk bertemu. (3)Kesesuaian Antara Minat dan Kapasitas telah dilaksanakan dengan baik dilihat dari adanya peningkatan yaitu adanya semangat untuk terus belajar bermain alat music piano, mengolah vocal dan semangat belajar menggambar/melukis. (4) Peralatan dan Modal, sejauh ini belum cukup memenuhi kebutuhan anak disabilitas. Masih cukup banyak kebutuhan lainnya yang ingin mereka miliki seperti alat peraga untuk bantu membaca dan alat bantu jalan (kruk).Sedangkan bantuan sosial lainnya seperti seragam sekolah,buku tulis,pulpen dan santunan uang Sebanyak Rp.100.000.000 telah disalurkan Oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Manggarai Timur untuk keperluan Sekolah, dan Keperluan makan dan minum sehari-hari dari anak disabilitas. Dari hasil penelitian ini maka diperoleh kesimpulan yaitu Peran Dinas Pendidikan Kabupaten Manggarai Timur dalam pelaksanaan fungsiNya telah berjalan cukup baik namun belum maksimal. Karena pelatihan dan bantuan sosial yang diberikan belum merata, sehingga disarankan perlu dilakukan evaluasi terhadap Peran Dinas Pendidikan dalam pemberdayaan anak disabilitas di Kelurahan Satar Peot Kecamatan Borong Kabupaten Manggarai Timur

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan, Anak Disabilitas, Dinas Pendidikan Kabupaten Manggarai Timur
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
J Political Science > JS Local government Municipal government
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Pemerintahan
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 12 Nov 2021 04:59
Last Modified: 12 Nov 2021 04:59
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4614

Actions (login required)

View Item View Item