Penerapan Teknik Artikulasi Vokal Dengan Metode Meniru Dan Drill Pada Siswa Tunanetra Kelas VIII A SMPLB Asuhan Kasih Kupang

SUBAN, Bernadinus (2020) Penerapan Teknik Artikulasi Vokal Dengan Metode Meniru Dan Drill Pada Siswa Tunanetra Kelas VIII A SMPLB Asuhan Kasih Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
1. FILE ABSTRAK.pdf

Download (542kB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (268kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (906kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf

Download (163kB)

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yakni : 1) Bagaimana proses penerapan teknik artikulasi vokal pada siswa tunanetra kelas VIII A SMPLB Asuhan Kasih Kupang ? 2) Bagaimana guru mengatasi kesulitan siswa tunanetra dalam pemebelajaran teknik artikulasi vokal ? Berdasarkan permasalahan diatas maka tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui proses pembelajaran teknik artikulasi vokal pada siswa tunanetra dengan metode meniru dan drill. (2) Untuk menerapkan teknik artikulasi vokal yang baik dan benar dalam bernyanyi. Agar tujuan penelitian ini bisa tercapai maka digunakan metode Penelitian Tindakan Kelas untuk menerapkan model pembelajaran teknik vokal dan mengetahui respon serta kesulitan yang dialami siswa dalam proses pembelajaran teknik vokal di kelas dengan menggunakan beberapa siklus. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan penulis untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah: 1) Studi pustaka, yakni penulis mencari buku-buku referensi yang berkaitan dengan materi penelitian. 2) Studi lapangan, yakni penulis melakukan observasi di kelas sambil memantau diskusi kelompok dan menanyakan kesulitan yang dialami kemudian memberi solusi sambil memberi penilaian terhadap beberapa aspek yang sudah ditentukan. 3) Dokumentasi, yakni mengambil gambar pada saat kegiatan pembelajaran di kelas. Dari data yang diperoleh lewat penilaian kemudian dianalisis dan dideskripsikan. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa, respon yang ditunjukkan siswa tunanetra kelas VIII A SMPLB Asuhan Kasih Kupang baik. Antusiasme siswa terlihat dari kemauan dan keseriusan siswa dalam merencanakan dan melatih apa yang sudah dibuat. Setiap siswa tunanetra memiliki keterampilan dan kreativitas dalam dirinya. Tetapi siswa tunanetra juga membutuhkan bantuan dalam menuangkan ide-ide mereka. Para siswa setelah diarahkan dan diberi solusi atas kesulitan yang dialami akhirnya bisa menampilkan sesuatu yang baik untuk dipentaskan. Hanya saja para siswa belum atau kurang memiliki rasa percaya diri untuk menampilkan hasil karya mereka dihadapan teman-teman. Kesulitan yang dialami siswa meliputi: 1) Siswa belum paham dengan dengan teknik artikulasi vokal. 2) Siswa mengalami kesulitan dalam membidik nada. 3) Siswa kurang percaya diri dalam bernyanyi. Sebagai guru, kesulitan yang dialami siswa harus ditanggapi dengan serius karena hal tersebut merupakan tanggung jawab seorang guru sebagai pengajar, pendidik, dan pembimbing.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: meniru, artikulasi, teknik vokal, tunanetra, pembelajaran, tindakan kelas.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > ML Literature of music
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 28 Oct 2021 01:17
Last Modified: 28 Oct 2021 01:17
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4713

Actions (login required)

View Item View Item