Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Beli Ulang Produk Fashion Pada Marketplace Lazada

TAU, Ayu Lusiana C B (2020) Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Beli Ulang Produk Fashion Pada Marketplace Lazada. Undergraduate thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (686kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (345kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (485kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (591kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (731kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (520kB)

Abstract

Ayu Lusiana C. B. Tau (32116020) dengan judul penelitian “Pengaruh Kualitas Produk, Promosi dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Beli Ulang Produk Fashion Pada Marketplace Lazada”. Di bawah bimbingan Bapak Dr. Simon Sia Niha, SE, M.Si sebagai pembimbing I dan Ibu Dra. Sukamti, MM sebagai pembimbing II. Persaingan di dunia perdagangan semakin mengalami peningkatan yang drastis. Peningkatan yang sedang terjadi ini ditandai dengan perkembangan bisnis melalui media sosial online dan salah satunya e-commerce Lazada. Berdasarkan beberapa jenis produk yang diambil dari daylisocial, posisi online shop Lazada selalu berada pada urutan terbawah.. Masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana tanggapan responden tentang kualitas produk, promosi, gambaran kepuasan pelanggan dan minat beli ulang produk fashion pada marketplace Lazada? (2) Apakah kualitas produk, promosi dan kepuasan pelanggan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang produk fashion pada marketplaze Lazada? (3) Apakah kualitas produk, promosi, dan kepuasan pelanggan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang produk fashion pada marketplaze Lazada?. Penelitian dilakukan pada Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Katolik Widya Mandira dengan populasi adalah semua mahasiswa yang pernah melakukan pembelian produk fashion pada marketplace Lazada. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dari jumlah indikator yang digunakan sebanyak 15 dan dikalikan 7, sehingga jumlah sampel penelitian sebanyak 105 orang. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan program SPSS Statistic version 22. Hasil analisis deskriptif memberikan gambaran untuk kategori (X̅ PS − P) variabel kualitas produk yaitu 72.00%, promosi 72,40%, kepuasan pelanggan 70,40% dan minat beli ulang 74,40% semuanya masuk kategori baik. Analisis statistik regresi linear berganda diperoleh persamaan Y = 0,117 X1+ 0,131 X2+ 0,669 X3. Hasil Uji t diperoleh nilai Sig untuk variabel kualitas produk sebesar 0,077 dan variabel promosi sebesar 0,076 dimana keduanya lebih besar dari 0,05, yang berarti berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap minat beli ulang, sedangkan variabel kepuasan pelanggan sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 yang berarti berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang. Hasil Uji F menunjukkan nilai Sig sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 yang artinya secara simultan variabel kualitas produk, promosi dan kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang. Nilai koefisien determinasi (R2 ) yang dihasilkan sebesar 0,671 yang menjelaskan bahwa besaran kontribusi pengaruh variabel kualitas produk, promosi dan kepuasan pelanggan terhadap minat beli ulang sebesar 67,1% sedangkan sisanya sebesar 31.9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis tersebut, Marketplace Lazada diharapkan dapat membuat kualitas pelayanan dan promosi dengan lebih baik dan lebih menarik lagi agar dapat mendorong minat beli ulang dalam diri konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Produk, Promosi, Kepuasan pelanggan, Minat Beli Ulang
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: S.KM Ustyn Ceme
Date Deposited: 22 Nov 2021 03:05
Last Modified: 22 Nov 2021 03:05
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4732

Actions (login required)

View Item View Item