Pengaruh Sikap Ilmiah Dan Kemampuan Analisis Terhadap Hasil Belajar Siswa Dengan Menerapkan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Pada Materi Pokok Larutan Penyangga Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Kristen I Kupang Tahun Pelajaran 2017/2018

NAHAK, Maria Oktaviana Rini (2018) Pengaruh Sikap Ilmiah Dan Kemampuan Analisis Terhadap Hasil Belajar Siswa Dengan Menerapkan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Pada Materi Pokok Larutan Penyangga Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Kristen I Kupang Tahun Pelajaran 2017/2018. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (150kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (44kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (219kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (880kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (456kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (51kB)

Abstract

Sikap ilmiah merupakan kecenderungan individu untuk bertindak atau berperilaku dalam memecahkan masalah secara sistematis melalui langkah-langkah ilmiah. Kemampuan analisis merupakan kemampuan seseorang untuk merinci atau menguraikan suatu bahan atau keadaan menurut bagian-bagian yang lebih kecil dan mampu memahami hubungan diantara bagian-bagian atau faktor-faktor yang satu dengan faktor-faktor lainnya. Pendekatan inkuiri terbimbing adalah suatu rangkaian kegiatan belajar yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan peserta didik untuk mencari dan menyelidiki secara sistematis, kritis, logis, analitis, sehingga mereka dapat merumuskan sendiri penemuannya dengan penuh percaya diri. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mengetahui efektivitas efektifitas pembelajaran dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok larutan penyangga siswa kelas XI IPA SMA Kristen I Kupang tahun pelajaran 2017/2018? 2) Bagaimana sikap ilmiah siswa kelas XI IPA SMA Kristen I Kupang tahun pelajaran 2017/2018. 2) Mengetahui sikap ilmiah siswa kelas XI IPA SMA Kristen I Kupang tahun pelajaran 2017/2018. 3) Mengetahui kemampuan analisis siswa XI IPA SMA Kristen I Kupang tahun pelajaran 2017/2018. 4) Mengetahui ada tidaknya hubungan : a) Sikap ilmiah terhadap hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok larutan penyangga siswa kelas XI IPA 2 SMA Kristen I Kupang tahun pelajaran 2017/2018. b) Kemampuan analisis terhadap hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok larutan penyangga siswa kelas XI IPA 2 SMA Kristen I Kupang tahun pelajaran 2017/2018. c) Sikap ilmiah dan kemampuan analisis terhadap hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok larutan penyangga siswa kelas XI IPA 2 SMA Kristen I Kupang tahun pelajaran 2017/2018. 5) Mengetahui ada tidaknya pengaruh: a) Sikap ilmiah terhadap hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok larutan penyangga siswa kelas XI IPA 2 SMA Kristen I Kupang tahun pelajaran 2017/2018. b) Kemampuan analisis terhadap hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok larutan penyangga siswa kelas XI IPA 2 SMA Kristen I Kupang tahun pelajaran 2017/2018. c) Sikap ilmiah dan kemampuan analisis terhadap hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok larutan penyangga siswa kelas XI IPA 2 SMA Kristen I Kupang tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilakukan di SMA Kristen I Kupang tahun ajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA 2 SMA Kristen I Kupang tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 25 orang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif-asosiatif. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan statistik. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan program SPSS versi 16 dan secara manual. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) Pembelajaran dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing efektif pada materi pokok larutan penyangga siswa kelas XI IPA 2 SMA Kristen I Kupang. a) Guru mampu mengelola pembelajaran dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok larutan penyangga siswa kelas XI IPA 2 SMA Kristen I Kupang tahun pelajaran 2017/2018 yang ditunjukkan oleh skor rata-rata 3,79 termasuk dalam kategori baik. b) Ketuntasan indikator hasil belajar dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing meliputi: Ketuntasan indikator hasil belajar sikap spritual (KI-1) dinyatakan tuntas dengan proporsi rata-rata observasi dan angket sebesar 0.95 dan 0.8, Ketuntasan indikator hasil belajar sikap sosial (KI-2) dinyatakan tuntas dengan proporsi rata-rata observasi dan angket sebesar 0.9 dan 0.8, Ketuntasan indikator hasil belajar kognitif (KI-3) dinyatakan tuntas dengan proporsi rata-rata sebesar 0.92, Ketuntasan indikator hasil belajar keterampilan (KI-4) dinyatakan tuntas dengan proporsi rata-rata psikomotor, portofolio, presentasi, dan THB proses sebesar 0.82, 0.85, 0.83, dan 0.91. (c) Ketuntasan hasil belajar dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing meliputi: Ketuntasan hasil belajar sikap spritual (KI 1) dinyatakan tuntas dengan nilai rata-rata 87.27, Ketuntasan hasil belajar sikap sosial (KI 2) dinyatakan tuntas dengan nilai rata-rata 83.41, Ketuntasan hasil belajar kognitif (KI 3) dengan nilai rata-rata 82.65, Ketuntasan hasil belajar aspek keterampilan (KI 4) dengan nilai rata-rata 81.35. (2) Sikap ilmiah siswa kelas XI IPA 2 SMA Kristen I Kupang tahun pelajaran 2017/2018 termsuk dalam kategori baik dengan presentasi rata-rata sebesar 71.84%. (3) Kemampuan analisis siswa XI IPA SMA Kristen I Kupang tahun pelajaran 2017/2018 termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 73.04. (4). a) Ada hubungan antara sikap ilmiah dengan hasil belajar siswa yang menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok larutan penyangga siswa kelas XI IPA 2 SMA Kristen I Kupang tahun pelajaran 2017/2018 dengan koefisien korelasi = 0,905 dan nilai thitung > ttabel (10.21 > 63.42). b) Ada hubungan antara kemampuan analisis dengan hasil belajar siswa yang menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok larutan penyangga siswa kelas XI IPA SMA Kristen I Kupang tahun pelajaran 2017/2018 dengan koefisien korelasi =0,934 dan nilai thitung > ttabel (12.548 > 3.42). c) Ada hubungan antara sikap ilmiah dan kemampuan analisis dengan hasil belajar siswa yang menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok larutan penyangga siswa kelas XI IPA SMA Kristen I Kupang tahun pelajaran 2017/2018 dengan koefisien korelasi rx1x2Y =0,957 dan nilai Fhitung > Ftabel (119.557 > 3.44). (5). a) Ada pengaruh antara sikap ilmiah terhadap hasil belajar siswa denganmenerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi larutan penyangga siswa kelas XI IPA SMA Kristen I Kupang tahun pelajaran 2017/2018 dengan persamaan regresi sederhana Ŷ = 21.767 + 0.881 dan nilai Fhitung > Ftabel (104.246 > 4.28). b) Ada pengaruh antara kemampuan analisis terhadap hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok larutan penyangga siswa kelas XI IPA SMA Kristen I Kupang tahun pelajaran 2017/2018 dengan persamaan regresi sederhana Ŷ =42.53 + 0,582(X2) dan nilai Fhitung > Ftabel (157.462 > 4.28). c) Ada pengaruh antara sikap ilmiah dan kemampuan analisis terhadap hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok larutan penyangga siswa kelas XI IPA SMA Kristen I Kupang tahun pelajaran 2017/2018 Ŷ=30.156 + 0.387 (X1) + 0,372(X2) dan nilai Fhitung > Ftabel (119.557 > 3.44).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sikap Ilmiah, Kemampuan Analisis,Pendekatan Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar, Larutan Penyangga
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Ptk Dami Damianus
Date Deposited: 21 Oct 2019 04:24
Last Modified: 21 Oct 2019 04:24
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/475

Actions (login required)

View Item View Item