Pengaruh Sikap Keterbukaan Dan Kemampuan Identifikasi Variabel Terhadap Hasil Belajar Kimia Pada Materi Pokok Larutan Penyangga Dengan Menerapkan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Peserta Didik Kelas X1 IPA 4 SMAN 5 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018

ASO, Marselina Yunita (2018) Pengaruh Sikap Keterbukaan Dan Kemampuan Identifikasi Variabel Terhadap Hasil Belajar Kimia Pada Materi Pokok Larutan Penyangga Dengan Menerapkan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Peserta Didik Kelas X1 IPA 4 SMAN 5 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (225kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (155kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (360kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (283kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (428kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (139kB)

Abstract

Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual pada dasarnya mengacu pada pendapat Bruner mengatakan bahwa proses pembelajaran akan berjalan baik dan kreatif jika guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menemukan suatu konsep, teori, aturan, atau pemahaman melalui contoh-contoh yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Proses pembelajaran dengan pendekatan kontekstual dirancang sedemikian rupa agar siswa secara aktif mengkonstruksi konsep, hukum atau prinsip melalui 7 asas , Kontruktivisme, Menemukan (inquiry), Bertanya (Questioning), Masyarakat belajar (Learning community), Pemodelan (Modelling), Refleksi (reflection),dan Penilaian Nyata (Authentic assessment) Masalah pokok dalam penelitian ini (1) Bagaimana efektifitas pembelajaran yang menerapkan pendekatan kontekstual pada materi pokok larutan penyangga siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2017/2018? (2) Bagaimana sikap keterbukaan siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2017/2018? (3) Bagaimana kemampuan identifikasi variabel siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2017/2018? (4) Adakah hubungan sikap keterbukaan dan kemampuan identifikasi variabel siswa dengan hasil belajar yang menerapkan pendekatan kontekstual pada materi pokok larutan penyangga siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2017/2018? (5) Adakah pengaruh sikap keterbukaan dan kemampuan identifikasi variabel siswa terhadap hasil belajar yang menerapkan pendekatan kontekstual pada materi pokok larutan penyangga siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2017/2018? Tujuan utama penelitian ini (1) Mengetahui efektifitas pembelajaran yang menerapkan pendekatan kontekstualpada materi pokok larutan penyangga siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 (2) Mengetahui sikap keterbukaan siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 (3) Mengetahui kemampuan identifikasi variable siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 (4) Mengetahui ada tidaknya hubungansikap keterbukaan dan kemampuan identifikasi variabel siswa dengan hasil belajar yang menerapkan pendekatan kontekstual pada materi pokok larutan penyangga siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 (5) Mengetahui ada tidaknya pengaruh sikap keterbukaan dan kemampuan identifikasi variabel siswa terhadap hasil belajar yang menerapkan pendekatan kontekstual pada materi pokok larutan penyangga siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2017/2018. Dari analisis data diperoleh : (1) Penerapan pendekatan kontekstual efektif pada materi pokok larutan penyangga pada siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 (2) sikap keterbukaan siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 termasuk dalam kategori baik dengan persentase sebesar 82,38% (3) Kemampuan identifikasi variabel siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 termasuk dalam kategori baik dengan skor rata-rata kemampuan identifikasi variabel sebesar 76,76 (4) Ada hubungan antara sikap keterbukaan dan kemampuan identifikasi variable siswa dengan hasil belajar yang menerapkan pendekatan kontekstual pada materi pokok larutan penyangga siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 dengan koefisien korelasi ������ = 0.7025788212 (5) Ada pengaruh antara sikap keterbukaan dan kemampuan identifikasi variabel siswa terhadap hasil belajar yang menerapkan pendekatan kontekstual pada materi pokok larutan penyangga siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 dengan persamaan regresi ganda Ŷ = 44.6194 + 0.2507590731 + 0.25922��

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Ptk Dami Damianus
Date Deposited: 21 Oct 2019 04:30
Last Modified: 21 Oct 2019 04:30
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/476

Actions (login required)

View Item View Item