Efektivitas Penerapan Teknik Self Management Untuk Mengurangi Perilaku Membolos Pada Siswa

PAKAENONI, Maria Fatima (2021) Efektivitas Penerapan Teknik Self Management Untuk Mengurangi Perilaku Membolos Pada Siswa. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (304kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (478kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (415kB)

Abstract

Masalah dalam penulisan skripsi ini yaitu (1) Mengapa teknik self management perlu diterapkan dalam mengatasi perilaku membolos pada siswa (2) Bagaimana prosedur penerapan teknik self management dalam mengatasi perilaku membolos pada siswa (3) Apakah teknik self management efektif dalam mengurangi perilaku membolos pada siswa. Tujuan penulisan skripsi ini yaitu untuk mengetahui (1) Alasan penggunaan teknik self management dalam mengurangi perilaku membolos pada siswa (2) Prosedur penerapan teknik self management dalam mengurangi perilaku membolos pada siswa (3) Efektifitas penerapan teknik self-management dapat mengurangi perilaku membolos pada siswa. Objek kajian dalam penulisan ini adalah teknik self management dan perilaku membolos. Sumber data yang digunakan dalam penulisan ini yaitu data sekunder. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode studi kepustakaan dan jenis data yang digunakan dalam penulisan ini yaitu data kualitatif. Alasan penggunakan teknik self management untuk mengurangi perilaku membolos siswa karena, teknik self management dapat membantu siswa menempatkan diri dalam situasi-situasi yang menghambat tingkah laku yang hendak dihilangkan seperti perilaku membolos dan mencegah timbulnya perilaku atau masalah yang tidak dihendaki. Dalam penerapan teknik self management terdapat beberapa prosedur yang dapat membantu mengarahkan siswa untuk dapat mengelola dirinya dari segi pikiran, perasaan dan perilaku. Teknik self management dilakukan melalui tiga tahap yaitu self-monitoring (pemantauan diri), stimulus-control (pengendalian rangsang) self- reward (penghargaan diri). Penerapan teknik self management efektif untuk mengurangi perilaku membolos pada siswa efektif, jika dilakukan serius oleh siswa dan dibantu oleh konselor yang profesional. Penggunaan teknik ini didukung oleh beberapa artikel hasil penelitian terdahulu yaituArtikel hasil penelitian Hidayatul (2018) dengan judul efektifitas teknik self management untuk mengurangi perilaku membolos siswa kelas VIII-E SMPN 3 Kediri. Sebelum memberikan layanan terdapat 10 orang siswa yang sering membolos dan setelah memberikan layanan dengan teknik one grup pre test post test design 6 diantaranya mulai menunjukkan perubahan yaitu tidak lagi membolos. Hasil penelitian ini mengatakan bahwa terjadi perubahan perilaku siswa kearah positif yaitu adanya penurunan perilaku membolos siswa setelah diberikan tindakan dengan teknik self management. Kesimpulannya penerapan teknik self management mempunyai peranan yang penting untuk mengurangi perilaku membolos pada siswa. Berdasarkan pembahasan di atas penulis memberikan saran kepada: 1). Pemerhati masalah BK agar mengkaji lebih jauh mengenai penggunaan teknik self management yang dapat membantu mengurangi perilaku membolos pada siswa. 2). Penulis agar berupaya untuk meningkatkan wawasan, pengetahuan dan keterampilan tentang teknik self management agar dapat diterapkan untuk mengurangi perilaku membolos siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 08 Dec 2021 02:30
Last Modified: 04 Nov 2022 02:51
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4771

Actions (login required)

View Item View Item