Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Olahraga Peserta Didik Cabang Olahraga Atletik Di SMA Negeri Keberbakatan Olahraga Flobamorata Kupang Yang Berbasis Boarding School

PATI, Hironimus (2020) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Olahraga Peserta Didik Cabang Olahraga Atletik Di SMA Negeri Keberbakatan Olahraga Flobamorata Kupang Yang Berbasis Boarding School. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (731kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (757kB)

Abstract

Prestasi olahraga peserta didik cabang olahraga atletik dipengaruhi oleh faktor lingkungan belajar, aktivitas belajar dan berlatih serta interaksi sosial. Rumusan masalah dalam penelitian adalah (1) Bagaimana gambaran lingkungan belajar, aktivitas belajar dan berlatih, interaksi sosial serta prestasi peserta didik di SMAN Keberbakatan Olahraga Flobamorata Kupang yang berbasis boarding school? (2) Apakah lingkungan belajar, aktivitas belajar dan berlatih serta interaksi sosial secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi olahraga peserta didik pada cabang olahraga Atletik di SMAN Keberbakatan Olahraga Flobamorata Kupang yang berbasis boarding school? (3) Apakah lingkungan belajar, aktivitas belajar dan berlatih serta interaksi sosial secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi peserta didik pada cabang olahraga Atletik di SMAN Keberbakatan Olahraga Flobamorata Kupang yang berbasis boarding school? Data penelitian ini dihimpun melalui penyebaran kuesioner yang diberikan kepada 34 peserta didik cabang olahraga atletik di SMAN Keberbakatan Olahraga Flobamorata Kupang dan studi dokumentasi. Hasil uji t menyatakan bahwa secara parsial lingkungan belajar (3,216, sig. 0,003 < 0,05), aktivitas belajar dan berlatih (2,081, sig. 0,046 < 0,05), serta interaksi sosial (2,819, sig. 0,008 < 0,05) berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi olahraga cabang olahraga atletik. Hasil uji F menunjukkan bahwa tiga variabel bebas (12,505, sig. 0,000 < 0,05) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi olahraga peserta didik cabang olahraga atletik. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar dilakukan pembenahan dan peningkatan fasilitas, motivasi, menghilangkan primordialisme serta memperketat fungsi control.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Belajar, Aktivitas Belajar Dan Berlatih, Interaksi Sosial, Prestasi Cabang Olahraga Atletik, SMAN Keberbakatan Olahraga Flobamorata Kupang
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Magister Manajemen > Konsentrasi Manajemen Pendidikan
Depositing User: Antonia M. Ngole
Date Deposited: 16 Dec 2021 00:21
Last Modified: 16 Dec 2021 00:21
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4815

Actions (login required)

View Item View Item