Penerapan Pendekatan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Materi Pokok Cahaya Pada Peserta Didik Kelas VIII F Semester Genap SMPN 2 Kupang Tahun Ajaran 2018/20149

MANNO, Nensiana (2019) Penerapan Pendekatan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Materi Pokok Cahaya Pada Peserta Didik Kelas VIII F Semester Genap SMPN 2 Kupang Tahun Ajaran 2018/20149. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (400kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (220kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (508kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (826kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (140kB)

Abstract

Pendekatan inkuiri merupakan proses komunikasi dua arah antara guru dan peserta didik dalam belajar dimana model pembelajaran ini berpusat pada peserta didik sehingga peserta didik aktif dalam belajar dan mampu berpikir secara kritis dan analitis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan. Masalah-masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi pokok cahaya peserta didik kelas VIII F SMPN 2 Kupang semester genap tahun pelajaran 2018/2019? 2) Bagaimana ketuntasan indikator hasil belajar dalam pembelajaran dengan menerapkan pendekatan pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi pokok cahaya peserta didik kelas VIII F SMPN 2 Kupang semester genap tahunpelajaran 2018/2019? 3)Bagaimana hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran dengan menerapkan pendekatan pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi pokok cahaya peserta didik kelas VIII F SMPN 2 Kupang semester genap tahun pelajaran 2018/2019? 4)Bagaimana respon peserta didik terhadap pembelajaran dengan menerapkan pendekatan pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi pokok cahaya peserta didik kelas VIII F SMPN 2 Kupang semester genap tahun pelajaran 2018/2019?. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII F SMPN 2 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 berjumlah 32 orang dan guru.Perangkat pembelajaran yang digunakan adalah Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar Peserta Didik (BAPD), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), lembar diskusi peserta didik (LDPD) Kisi-Kisi dan Tes Hasil Belajar (THB). Teknik yang digunakan untuk mengumpul data dalam penelitian ini adalah Observasi, Tes, dan Angket. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lembar Pengamatan Pengelolaan Pembelajaran, Tes Hasil Belajar (THB) dan Lembar Isian Respon Peserta Didik. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan menghitung nilai rata-rata, persentase dan proporsi. Berdasarkan hasil analisis deskriptif data penelitian dikatakan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran inkuiri terbimbing adalah optimal untuk materi pokok cahaya pada peserta didik kelas VIII F SMPN 2 Kupang tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 32 orang. Secara terperinci sebagai berikut: Kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan pembelajaran inkuiri terbimbing yang meliputi: perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran adalah termasuk dalam kategori baik. Indikator Hasil Belajar yang disiapkan semuanya tuntas. Hasil belajar fisika peserta didik pada umumnya tuntas dengan kategori baik. Respon peserta didik terhadap pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan pembelajaran inkuiri terbimbing berada dalam kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan pembelajaran inkuiri terbimbing, Kemampuan Guru, Ketuntasan Indikator, Ketuntasan Hasil Belajar, Respon Peserta Didik, cahaya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: S.Ptk Dami Damianus
Date Deposited: 22 Oct 2019 02:56
Last Modified: 22 Oct 2019 02:56
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/484

Actions (login required)

View Item View Item