Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Dengan Bantuan Media Simulasi Phet Materi Pokok Usaha Dan Energi Pada Peserta Didik Kelas X MIA 5 SMA Negeri 4 Kupang Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019

BANU, Miktam Nofelti (2019) Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Dengan Bantuan Media Simulasi Phet Materi Pokok Usaha Dan Energi Pada Peserta Didik Kelas X MIA 5 SMA Negeri 4 Kupang Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (404kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (147kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (243kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (158kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (232kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (116kB)

Abstract

Masalah umum dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran creative problem solving dengan bantuan media simulasi PhET materi pokok usaha dan energi pada peserta didik kelas X MIA 5 SMA Negeri 4 Kupang semester genap tahun ajaran 2018/2019? Secara spesifik masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran creative problem solving dengan bantuan media simulasi PhET materi pokok usaha dan energi? 2) Bagaimana ketuntasan indikator hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran cretative problem solving dengan bantuan media simulasi PhET materi pokok usaha dan energi? 3) Bagaimana ketuntasan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran creative problem solving dengan bantuan media simulasi PhET materi pokok usaha dan energi? 4) Bagaimana respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran creative problem solving dengan bantuan media simulasi PhET materi pokok usaha dan energi? Tujuan umum dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model pembelajaran creative problem solving dengan bantuan media simulasi PhET materi pokok usaha dan energi pada peserta didik kelas X MIA 5 SMA Negeri 4 Kupang semester genap tahun ajaran 2018/2019. Secara spesifik tujuan penelitian ini dapat dijabarkan sebagai berikut: 1) Mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran creative problem solving dengan bantuan media simulasi PhET materi pokok usaha dan energi. 2)Mendeskripsikan ketuntasan indikator hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran creative problem solving dengan bantuan media simulasi PhET materi pokok usaha dan energi. 3) Mendeskripsikan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran creative problem solving dengan bantuan media simulasi PhET materi pokok usaha dan energi. 4) Mendeskripsikan respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran creative problem solving dengan bantuan media simulasi PhET materi pokok usaha dan energi. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif dan subjek penelitian ini adalah guru (peneliti) dan peserta didik kelas peserta didik kelas X MIA 5 SMA Negeri 4 Kupang semester genap tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 35 orang. Perangkat pembelajaran yang digunakan adalah Bahan Ajar Peserta Didik (BAPD), Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Kisi-Kisi dan Tes Hasil Belajar (THB). Teknik yang digunakan untuk mengumpul data dalam penelitian ini adalah Observasi, Tes, dan Angket. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lembar Pengamatan Pengelolaan Pembelajaran, Tes Hasil Belajar (THB) dan Lembar Isian Respon Peserta Didik. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan menghitung nilai rata-rata, persentase, dan proporsi. Berdasarkan hasil analisis deskriptif data penelitian dikatakan bahwa penerapan model pembelaaran creative problem solving dengan bantuan media simulasi PhET adalah optimal untuk materi pokok usaha dan energi pada peserta didik kelas X MIA 5 SMA Negeri 4 Kupang semester genap tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 35 orang. Secara terperinci sebagai berikut:1) Kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran creative problem solving dengan bantuan media simulasi PhET yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran memperoleh skor ratarata secara berturut-turut adalah: 3,98; 3,97; dan 4,00. 2) Indikator Hasil Belajar (produk, afektif dan psikomotor) yang disiapkan memperoleh rata-rata proporsi ketuntasan berturut-turut 0,77; 0,95; 0,96. 3) Hasil belajar fisika peserta didik (produk, afektif dan psikomotor) memperoleh proporsi rata-rata berturut-turut adalah 0,76; 0,95; dan 0,97. 4) Respon peserta didik terhadap pelaksanaan pembelajaran memperoleh skor rata-rata capaian indikator untuk keseluruhan aspek sebesar 92,95%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Creative Problem Solving, Media Simulasi PhET, Usaha dan Energi,Deskriptif.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: S.Ptk Dami Damianus
Date Deposited: 22 Oct 2019 03:04
Last Modified: 22 Oct 2019 03:04
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/486

Actions (login required)

View Item View Item