Pengaruh Sikaap Responsif Dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (High Order Thinking Skill-Hots) Terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Dan Keterampilan Dengan Menerapkan Pendekatan Discovery Learning Materi Pokok Larutan Penyangga Pada Peserta Didik Kelas XI IPA 2 SMAN 2 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

DIMA LADO, Nani Ivana (2019) Pengaruh Sikaap Responsif Dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (High Order Thinking Skill-Hots) Terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Dan Keterampilan Dengan Menerapkan Pendekatan Discovery Learning Materi Pokok Larutan Penyangga Pada Peserta Didik Kelas XI IPA 2 SMAN 2 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (261kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (176kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (413kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (320kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (511kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (153kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta empirik dalam proses belajar mengajar maupun hasil observasi dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti di SMA Negeri 2 Kupang. Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan discovery learning pada dasarnya mengacu pada pendapat Piaget bahwa anak harus berperan secara aktif dalam belajar di kelas. Bruner memakai cara dengan apa yang disebutnya discovery learning. Prosedur ini mendorong peserta didik untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran, baik itu mengenai konsep-konsep maupun prinsip-prinsip. Guru mendorong peserta didik agar terlibat dalam proses pembelajaran yang memberikan pengalaman sehingga peserta didik menemukan prinsip-prinsip untuk diri mereka sendiri. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana efektifitas penerapan pendekatan discovery learning dengan materi pokok larutan penyangga pada peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2018/2019? (2) Bagaimana sikap responsif peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2018/2019? (3) Bagaimana kemampuan berpikir tingkattinggi peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2018/2019? (4) Adakah hubungan sikap responsif dan kemampuan berpikir tingkaat tinggi terhadap hasil belajar pengetahuan dan keterampilan peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2018/2019? (5) Adakah pengaruh sikap responsif dan kemampuan berpikir tingkat tinggi terhadap hasil belajar pengetahuan dan keterampilan peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2018/2019? Tujuan utama penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui efektifitas penerapan pendekatan discovery learning dengan materi pokok larutan penyangga pada peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2018/2019. (2) Untuk mengetahui sikap responsif peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2018/2019. (3) Untuk mengetahui kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2018/2019. (4) Untuk mengetahui hubungan sikap responsif dan kemampuan berpikir tingkat tinggi terhadap hasil belajar pengetahuan dan keterampilan peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2018/2019. (5) Untuk mengetahui pengaruh sikap responsif dan kemampuan berpikir tingkat tinggi terhadap hasil belajar pengetahuan dan keterampilan peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan asosiatif. Populasi dan sampel adalah peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2018/2019. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar berupa kuis, tugas dan ulangan untuk aspek pengetahuan (KI 3), lembar observasi psikomotor, presentasi dan lembar penilaian portofolio untuk aspek ketrampilan (KI 4), lembar angket sikap responsif dan soal tes kemampuan berpikir tingkat tinggi. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) Pendekatan discovery learning efektif terhadap materi pokok larutan penyangga pada peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2018/2019. (2) Sikap responsif peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2018/2019 berada pada kategori sangat baik dengan nilai rata-rata sebesar 82,09. (3) Kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2018/2019 berada pada kategori sangat baik dengan nilai rata-rata sebesar 82,03. (4) Ada hubungan antara sikap responsif dan kemampuan berpikir tingkat tinggi terhadap hasil belajar pengetahuan dan keterampilan pada peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2018/2019 dengan koefisien korelasi ganda sebesar rx1x2y1= 0,970 dan rx1x2y2= 0,961. (5) Ada pengaruh antara sikap responsif dan kemampuan berpikir tingkat tiggi terhadap hasil belajar pengetahuan dan keterampilan pada peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2018/2019 dengan persamaan garis regresi ganda Ŷ1= 4,630 + 0,713X1 + 0,259X2 dan Ŷ2= 10,160 + 0,759X1 + 0,146X2

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sikap Responsif, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Pendekatan Discovery Learning, Hasil Belajar Pengetahuan, Hasil Belajar Keterampilan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Ptk Dami Damianus
Date Deposited: 22 Oct 2019 03:49
Last Modified: 22 Oct 2019 03:49
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/490

Actions (login required)

View Item View Item